Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2024, 11:13 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemakaian produk perawatan kulit (skincare) termasuk opsi untuk merawat sekaligus menjaga kesehatan kulit, tidak hanya bagi orang dewasa. 

Dilansir dari Popsugar, generasi Alpha yang lahir tahun 2010-2024 telah memiliki minat khusus pada perawatan kulit. Hal ini terlihat dari hasil survei oleh Piper Sandler tahun 2023 terhadap responden berusia rata-rata 15 tahun.

Baca juga:

Hasilnya menunjukkan, keseluruhan pengeluaran mereka untuk keperluan kecantikan meningkat 23 persen dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, untuk perawatan kulit, angkanya juga naik 19 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menurut dokter spesialis kulit bersertifikat Rachel Westbay, hal ini terjadi karena besarnya pengaruh media sosial terhadap perilaku anak. 

“TikTok dan YouTube telah menggantikan TV linier untuk generasi ini,” ujar Westbay, dikutip dari Popsugar, Sabtu (6/1/2024). 

Meski demikian, amankah jika anak-anak sudah mulai menggunakan skincare sejak dini? Sebenarnya di usia berapakah anak dianjurkan boleh menggunakan skincare

Usia ideal mulai pakai skincare

Ilustrasi proses produksi skincare Unsplash Ilustrasi proses produksi skincare

Ia menyampaikan, usia ideal untuk mulai menggunakan skincare adalah 10-14 tahun yakni dari anak memasuki masa praremaja hingga awal remaja. 

Pasalnya, menurut Westbay, pada usia ini, mereka dinilai mulai memahami pentingnya kebersihan dan perawatan pribadi sehingga sudah ada pemahaman untuk menjaga penampilan diri. 

Sementara itu, dilansir dari Hindustan Times, perawatan kulit secara menyeluruh dengan menggunakan produk-produk skincare sudah boleh dilakukan dari usia 12 tahun. 

Sebab, di usia itulah tingkat kulit dan hormonal sudah mulai berubah. 

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com