Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengendalikan Emosi Sedih agar Tak Berlarut

Kompas.com - 02/05/2024, 13:38 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Semua orang pernah merasakan sedih. Ketika kesedihan datang, terkadang kita sulit untuk mengendalikannya dan fokus pada tugas harian pun kerap terganggu.

Namun, penting untuk memastikan kesedihan itu tak berlarut. Pahamilah apa yang membuat kita merasakan sedih, sehingga bisa mencari tahu cara untuk mengendalikannya.

"Kabar baiknya adalah kita tahu ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengelola kesedihan," ujar profesor psikologi dan manajemen dari University of Michigan di Ann Arbor, Ethan Kross, PhD, seperti dilansir dari Everyday Health.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengendalikan Emosi yang Baik agar Tidak Meledak-ledak?

Kendati demikian, perlu ditekankan bahwa tidak ada satu cara yang pasti berlaku bagi semua orang. Mungkin kita perlu mencoba satu per satu cara untuk menemukan solusi terbaik dalam mengendalikan kesedihan kita.

Cara mengendalikan emosi sedih

1. Mengubah perspektif

Ketika tidak bisa merasakan kesedihan, seringkali kita keliru dan mengira pekerjaan yang kita lakukan sudah benar.

Kesedihan sebetulnya merupakan emosi yang dapat bermanfaat untuk memberikan kita informasi tentang apa yang terjadi.

Misalnya, jika sedih karena merasakan kesepian dan tidak memiliki teman untuk berbagi kisah. Momen itu mungkin menyadarkan kita untuk mulai bersosialisasi dan membuka diri.

Profesor psikologi dari University of Nevada di Reno, Steven C Hayes, PhD yang menginisiasi terapi penerimaan dan komitmen mengatakan, ketika merasa sedih, menerapkan perspektif ini bisa memberikan konteks pada kesedihan yang dirasakan dan mengubah cara berpikir kita tentang perasaan tersebut.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Ini adalah strategi mengelola emosi yang didukung oleh bukti ilmiah yang oleh para peneliti psikologi disebut sebagai penilaian ulang kognitif. Strategi ini melibatkan pembingkaian ulang tentang cara kita memandang suatu situasi agar tidak terlalu menyedihkan.

2. Praktik kesadaran

Praktik kesadaran atau mindfulness memungkinkan kita untuk lebih fokus kepada fleksibilitas, mengalir bersama situasi, dan menerima apapun kondisi yang dihadapi saat ini.

Berlatih mindfulness dapat membantu kita mengatasi sejumlah emosi yang menantang dengan lebih baik.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa kesadaran dapat membantu mengatasi beragam emosi, termasuk kesedihan.

Sebuah penelitian tentang latihan kesadaran terhadap 171 orang yang diterbitkan dalam Behaviour Research and Therapy pada April 2017 menemukan bahwa setelah pelatihan orang-orang lebih mampu mengatur perasaan sedih mereka dari waktu ke waktu.

Baca juga: 10 Praktik Mindfulness untuk Mengatasi Kecemasan

Ini terutama jika dibandingkan dengan teknik lain, seperti menekan perasaan tersebut.

3. Identifikasi perasaan

Ketika merasa sedih, akan sangat membantu jika kita mampu mengidentifikasi perasaan lewat tiga langkah, yakni menyadarinya, melabelinya, dan menormalkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com