Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Skincare Sederhana yang Bisa Dilakukan Pria Setiap Hari

Kompas.com - 19/10/2023, 06:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutinitas skincare kini tidak hanya menjadi kebutuhan bagi para wanita saja, tetapi juga pria untuk mendapatkan kulit yang lebih terawat.

Selain itu, penggunaan skincare setiap hari juga dapat mencegah penuaan dini yang membuat wajah berkeriput dan muncul flek-flek hitam.

Kendati demikian, dengan produk dan langkah-langkah skincare yang beragam, para pria terkadang kebingungan untuk menentukan rutinitas yang musti mereka lakukan setiap hari.

Baca juga: 10 Langkah Rutinitas Skincare ala Korea yang Bikin Kulit Glowing

Nah, untuk memilih rutinitas harian yang tidak terlalu rumit, berikut terdapat beberapa panduan skincare sederhana yang bisa dilakukan oleh pria setiap hari.

Panduan skincare sederhana bagi pria

1. Gunakan pembersih wajah setiap hari

Menjaga kebersihan wajah mungkin merupakan langkah terpenting dalam perawatan kulit pria.

Untuk memastikan wajah bebas dari masalah, pertama-tama tentukan jenis kulit yang dimiliki, baik itu normal, berminyak, kering, atau kombinasi.

Kemudian carilah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jika kita tidak begitu yakin dengan jenis kulit yang kita miliki atau pembersih mana yang akan digunakan, maka pilihlah pembersih wajah — bukan sabun mandi — dengan banyak fungsi.

Setelah memiliki pembersih wajah, kita harus menggunakannya dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur di malam hari.

Sebelumnya, kita harus membuka pori-pori terlebih dulu dengan memercikkan air hangat ke wajah atau mandi air hangat. Kemudian peras sedikit pembersih ke wajah kita.

Gosokkan pembersih ke kulit wajah selama sekitar 30 detik dan lihatlah bagaimana pembersih tersebut membentuk busa yang bagus. Pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras karena kita tidak ingin menarik kulit.

Terakhir, bersihkan dengan air dingin guna mengurangi ukuran pori-pori dan mencegah masuknya minyak berlebih.

Baca juga: 5 Kesalahan Utama Rutinitas Skincare yang Bisa Merusak Kulit

2. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh dengan mekanisme pengaturannya sendiri yang memproduksi sel-sel kulit mati secara siklus.

Itu berarti kita harus melakukan eksfoliasi dua kali seminggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang tertinggal, yang dapat menyumbat pori-pori, mencegah sel-sel sehat muncul ke permukaan, dan bahkan mempengaruhi warna kulit pria secara keseluruhan.

Dengan kata lain, langkah ini sangat penting karena akan menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Ini juga akan menghasilkan kondisi yang optimal untuk pencukuran yang halus.

Meskipun begitu, kita tidak boleh melakukan eksfoliasi secara berlebihan, karena proses ini dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com