Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Skinminimalism, Konsep Rutinitas Skincare Anti-Ribet

Kompas.com - 29/09/2023, 10:21 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Kesadaran untuk lebih bijak dan penuh kesadaran dalam menggunakan sesuatu membuat gaya hidup minimalis populer. Konsep ini juga mulai diterapkan dalam perawatan kulit atau rutinitas skincare.

Pemakaian skincare yang minimal itu disebut juga dengan istilah Skinminimalism. Pada dasarnya ini merupakan konsep penyederhanaan langkah-langkah perawatan kulit dengan penggunaan skincare secara esensial dan bahan yang tepat.

Dijelaskan oleh dr.Dhini Indah Nugriaty Sp.DVE, sebenarnya prinsip perawatan kulit adalah penggunaan bahan yang tepat, bukan banyaknya langkah (step) dalam rutinitas skincare.

"Perawatan yang dibutuhkan kulit sebetulnya berpedoman pada produk utama yang bekerja efektif dan tepat, bukan banyaknya step," kata dr.Dhini dalam keterangan pers.

Ia menambahkan, selain memilih produk yang tepat, kita juga perlu memahami sejumlah faktor lain yang dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah, misalnya jenis kulit, pola makan, perbedaan cuaca, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Langkah Rutinitas Skincare ala Korea yang Bikin Kulit Glowing

Konsep skinminimalism, menurutnya bisa menjadi solusi perawatan kulit yang ringkas.

"Asalkan tetap berbegang pada seberapa efektif produk itu bekerja di kulit kita," imbuhnya.

Pemakaian skincare sesuai kebutuhan kulit juga dipercaya mencegah pori-pori tersumbat akibat terlalu banyak memakai skincare.

Rangkaian produk perawatan kulit Skintheory.Dok Skintheory Rangkaian produk perawatan kulit Skintheory.

Menghemat waktu

Skinminimalism juga sangat cocok diterapkan untuk orang yang punya banyak aktivitas karena menghemat banyak waktu.

Seiring dengan perkembangan teknologi perawatan kulit, kini tidak lagi dibutuhkan 13 hingga 20 langkah perawatan kulit harian di pagi dan malam hari.

Merangkumnya menjadi 3-4 langkah saja, dengan produk yang multifungsi, pengguna masih tetap bisa mendapatkan kulit glowing yang sehat.

Baca juga: Risih dengan Pori-pori Besar? Berikut 7 Cara Mengecilkannya

Merek skincare lokal, Skintheory, menawarkan rangkaian produk esensial yang mendukung orang yang ingin menerapkan skinminimalism.

Skintheory memanfaatkan DNA salmon yang kandungan utamanya berfungsi untuk memperbaiki lapisan kulit, mengatasi flek, mencegah penuaan dini, hingga mencegah efek buruk radikal bebas.

Produk perawatan kulit tersebut juga diklaim aman untuk remaja mulai dari usia 12 tahun.

Rangkaian produknya pun cukup lengkap, mulai dari pembersih wajah, pelembab, sunscreen, hingga daily peel pad.Seluruh produk Skintheory memiliki manfaat setara dengan dua atau lebih produk konvensional.

Salah satu produk serbaguna yang menjadi andalan Skintheory adalah multi use spray yang memiliki manfaat gabungan toner, essens, moisturizer, serum, dan ampul.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com