Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat-kiat Pakai Skincare di Usia 30-an, Vitamin C Penting

Kompas.com - 04/08/2023, 10:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merawat kulit wajah dengan skincare sejak dini adalah cara yang tepat untuk menjaga kulit tetap sehat sekaligus dapat mencegah penuaan.

Menurut pakar dermatologi lulusan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Dr Danar Wicaksono, MSc, SpDV, sebaiknya skincare mulai digunakan lebih awal di usia 20-an.

Namun, ia tidak memungkiri, masih banyak orang baru menyadari pentingnya menggunakan skincare ketika memasuki usia 30 tahun,dan itu tetap sama pentingnya.

"Sebenarnya memakai skincare di usia 30-an tidak terlalu terlambat. Tapi memang rutinitas ini kan berlapis-lapis sehingga bisa merepotkan, terlebih jika kita belum terbiasa."

Demikian penuturan Danar dalam acara Garnier di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kojic Adid, Kandungan Skincare yang Bisa Bantu Cerahkan Kulit

"Jadi, kalau memang baru mulai memakai skincare di usia 30-an, tetaplah berpegang pada tiga pilar skincare utama, baik untuk pagi maupun malam hari," terangnya.

Rutinitas skincare di usia 30-an

Danar kemudian menjelaskan tiga pilar yang wajib dilakukan dalam rutinitas skincare di usia 30-an.

"Tiga pilar untuk pagi hari meliputi pembersihan (cleansing), melembapkan (moisturizing), dan melindungi (protecting)," ungkapnya.

"Sedangkan untuk malam hari, rutinitas skincare yang perlu dilakukan adalah pembersihan (cleansing), melembapkan (moisturizing), serta eksfoliasi berjangka," saran dia.

Selain itu, Danar juga merekomendasikan penggunaan skincare yang mengandung vitamin C, sebagai salah satu agen yang memiliki banyak manfaat.

"Vitamin C memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan sinar UV atau polusi udara," kata dia.

Baca juga: Metode Layering Skincare atau Konsep Minimalis, Mana yang Terbaik?

"Di samping itu, vitamin C juga mampu membantu mengurangi flek-flek hitam dan dalam jangka panjang berguna merangsang kolagen supaya kulit tetap awet muda," tambah dia.

Untuk hasil yang maksimal, Danar menganjurkan pemakaian skincare yang mengandung vitamin C secara rutin, atau mengaplikasikan ulang (re-apply) jika skincare terkena air.

"Ini sesuatu yang sifatnya jangka panjang. Jadi, jangan berekspektasi kalau simulasi kolagen itu dapat terjadi dalam seminggu, atau dua minggu saja," ujarnya.

"Karena untuk mendapatkan kulit yang lebih kencang dan kenyal itu membutuhkan proses," jelas dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com