Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Pria Pakai Produk Skincare untuk Wanita?

Kompas.com - 04/10/2023, 16:01 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar produk perawatan kulit atau skincare seolah diformulasikan untuk wanita, begitu pula dengan kemasannya yang tampak feminin.

Sementara itu, semakin banyak pula pria yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit dan penampilan mereka.

Tak jarang, mereka menggunakan skincare untuk wanita. Mengingat memiliki karateristik kulit yang berbeda sebenarnya bolehkah pria memakai skincare untuk wanita?

Baca juga: Kenali Apa itu Glycolic Acid, Manfaat, Penggunaannya untuk Skincare 

Dermatologis, dr. Pandu Pradana, Sp.KK mengatakan, produk perawatan kulit sebenarnya tidak memiliki kaitan gender.

Jadi tidak masalah jika pria menggunakan produk perawatan kulit wanita, begitu juga sebaliknya.

"Tidak ada yang spesifik untuk pria atau untuk wanita. Sebenarnya pria atau wanita punya kebutuhan yang sama yaitu penggunaan skincare yang sesuai."

"Jadi tidak seperti baju, wanita boleh pakai produk untuk pria selama cocok dengan kulitnya. Begitu pun dengan pria asalkan tidak menimbulkan masalah pada kulit," jelas dokter Pandu saat ditemui Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dokter Pandu menjelaskan, memang ada sedikit perbedaan pada struktur kulit wajah pria dan wanita. Misalnya kelenjar minyak pria cenderung lebih aktif karena pengaruh hormon androgen.

Baca juga: Solusi Sunscreen untuk Pemilik Kulit Berminyak

Sedangkan wanita biasanya memiliki hormon androgen yang lebih sedikit sehingga wajahnya tidak terlalu berminyak.

Cucilah muka dengan air suam-suam kuku. Artinya, tidak panas dan tidak dingin.SHUTTERSTOCK Cucilah muka dengan air suam-suam kuku. Artinya, tidak panas dan tidak dingin.

Pada dasarnya kulit pria atau wanita punya kebutuhan yang sama akan bahan aktif dalam skincare untuk masalah kulit yang sama.

"Misalnya untuk kulit berminyak ya. Tidak ada formulasi khusus yang diperuntukkan bagi wanita atau pria. Keduanya perlu memakai kandungan yang cocok seperti niacinamide yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah," jelas dokter Pandu.

Kemudian soal masalah kulit wajah seperti penuaan dini atau kerutan yang umumnya kandungan retinol ditemukan pada skincare wanita, juga tidak masalah jika digunakan pria.

"Retinol itu juga baik digunakan untuk pria dan wanita. Tidak ada barier dalam penggunaan skincare," ucapnya.

Baca juga: Panduan Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat 

Bagaimana dengan efektivitasnya?

Kebutuhan perawatan kulit setiap individu dapat berbeda-beda. Tidak ada yang salah dengan pria jika menggunakan produk skincare wanita, asalkan itu cocok dengan kulit dan masalah yang ingin diatasi.

"Yang penting memilih produk yang tepat dan cocok dengan kita. Kandungan skincare apa pun sama baiknya di kulit pria atau wanita, begitu juga dengan efektivitasnya," ucapnya.

Menurut dokter Pandu, baik pria atau wanita sebaiknya perlu konsultasikan dulu ke dokter jika ingin menggunakan produk perawatan kulit, apalagi jika kulitnya sensitif. 

Langkah ini memungkinkan kita agar mendapat takaran hingga konsentrasi kandungan skincare yang tepat sesuai kebutuhan kulit. 

"Paling yang membedakan hanya tingkat konsentrasinya. Tak ada salahnya jika konsultasikan ke dokter dulu sebelum memilih skincare,"

"Kalau pada saat penggunaan muncul masalah seperti jerawat semakin meradang, ya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," pungkas dokter Pandu.

Baca juga: 3 Skincare Wajib untuk Melindungi Kulit dari Dampak Polusi Udara 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com