Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Teknik Pijat Wajah untuk Mengencangkan Kulit, Ada Gua Sha

Kompas.com - 02/05/2024, 17:27 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber Brydie

KOMPAS.com - Rutin menggunakan produk perawatan kulit atau skincare menjadi kunci memiliki kulit yang sehat dan indah.

Namun, seringkali perawatan yang dibutuhkan lebih dari itu. Tak melulu harus tindakan invasif, kulit yang lebih kencang dan minim kerutan juga bisa didapatkan dengan rajin melakukan pijat wajah.

Beberapa manfaat utama dari pijat wajah secara teratur adalah mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, membantu drainase limfatik, meredakan ketegangan otot, serta mengurangi stres dan membantu kita merasa lebih rileks secara keseluruhan.

Baca juga:

Para ahli merekomendasikan untuk memijat wajah setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit rutin.

“Memijat kulit dapat meningkatkan sirkulasi, yang membawa lebih banyak sel darah ke kulit, lebih banyak oksigen, dan penyerapan produk (skincare) yang lebih baik,” ungkap ahli kecantikan dari Beverly Hills, AS, Sonya Dakar seperti dilansir dari laman Brydie.

Sementara itu, dokter kulit tersertifikasi badna yang berbasis di New York City, AS Morgan Rabach, MD setuju bahwa ada manfaat positif dari pijat wajah secara rutin.

Namun, ia mencatat bahwa belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa teknik pijat ertentu tdapat membantu mengurangi keriput di wajah. Meski begitu, dia menambahkan bahwa tidak ada salahnya untuk mencoba.

Berikut beberapa jenis pijat wajah yang dapat kamu coba untuk membantu mengencangkan kulit.

Jenis pijat wajah untuk membantu mengencangkan kulit

1. Teknik mengangkat dan mengencangkan wajah

  • Setelah mengaplikasikan produk di kulit, mulailah menyapukan jari-jari ke bawah batang hidung, mengikuti bentuk wajah. Kemudian, dalam satu gerakan, lanjutkan menyapu jari-jari di bawah mata dan ke arah luar.
  • Bawa jari-jari melewati tulang pipi dan sapukan ke arah luar. Ulangi gerakan yang sama di bawah tulang pipi.
  • Kemudian, beralih ke dahi. Gunakan teknik sapuan ringan yang sama, mulai dari bagian tengah dahi ke arah luar dan gerakan ke atas dari alis ke garis rambut.
  • Selanjutnya, bagian dagu. Gunakan sisi setiap jari telunjuk untuk menyapu dari bibir bawah hingga ke garis rahang. Bergeraklah dari bagian tengah dagu ke arah luar ke telinga.
  • Setelah itu, gunakan dua jari pada masing-masing tangan untuk menyapu dari bagian tengah dagu ke arah luar dan naik ke telinga. Satu jari harus berada di atas garis rahang dan jari lainnya di bawah.
  • Lakukan sapuan ringan dan cepat ke atas leher hingga ke garis rahang untuk membantu mengangkat kulit. Lalu, lakukan gerakan kecil melingkar dengan ujung jari dari bagian tengah garis leher ke arah luar. Hal ini akan membantu menghaluskan kerutan yang timbul akibat tidur miring.

Baca juga: 10 Cara Membuat Wajah Glowing dalam 7 Hari, Patut Dicoba 

2. Teknik untuk menghilangkan kerutan

Jika ingin pijat wajah yang dilakukan sedikit lebih terfokus pada kerutan, berikut teknik yang akan membantu mengatasinya:

  • Oleskan minyak wajah yang sesuai dengan jenis kulit ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan.
  • Gunakan jari tengah untuk memberikan tekanan pada bagian tengah dahi. Teknik ini diyakini dapat membantu menyamarkan garis kerutan di dahi.
  • Lakukan tekanan ini selama tiga detik dan ulangi sebanyak tiga set.
  • Jika ingin menargetkan kerutan di sekitar mata, gunakan jari telunjuk untuk memberikan tekanan pada batang hidung, tepat di bawah mata bagian dalam. Lakukan ini selama lima detik sebanyak tiga set.

Baca juga: 8 Tips Kecantikan ala Korea yang Bikin Kulit Glowing

3. Teknik drainase limfatik

Ilustrasi penggunaan roller giok atau jade roller.FREEPIK Ilustrasi penggunaan roller giok atau jade roller.

Manfaat pijat wajah yang meningkatkan sirkulasi dapat berfungsi ganda dengan membantu melancarkan sinus yang tersumbat dan mengurangi pembengkakan.

Sambil memperhatikan titik-titik tekanan utama pada wajah, disarankan untuk menggunakan bantalan jari-jari yang bekerja dari bagian tengah wajah ke atas dan ke samping.

Teknik ini bisa diterapkan menggunakan roller giok, yang bekerja dengan memberikan tekanan ke seluruh wajah saat kita me-roll.

“Lakukan dengan gerakan lembut dan pelembap ringan bebas minyak untuk membantu alat pijat atau jari bergerak lebih mudah pada kulit,” ujar Rabach.

Baca juga: 3 Tips Lebih Percaya Diri dengan Kondisi Kulit Sendiri

Berikut langkah-langkahnya:

  • Oleskan pelembap atau krim ringan ke seluruh wajah dan leher.
  • Dengan menggunakan roller giok, roll dari bagian tengah wajah ke arah luar, yang secara alami akan menstimulasi sistem limfatik untuk menguras kelebihan cairan.
  • Gerakkan secara perlahan sesuai dengan kontur wajah dan akhiri dengan sisi luar wajah.
  • Untuk hasil terbaik, ulangi proses ini setidaknya sebulan sekali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com