Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bahan Perawatan Kulit yang Membantu Mengurangi Keriput

Kompas.com - 03/02/2024, 17:00 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Semua orang pasti ingin terlihat awet muda atau lebih muda dari usia sebenarnya. Namun kerutan dan garis-garis di wajah akan tetap datang seiring bertambahnya usia.

Untuk menutupinya, kita biasanya akan memakai makeup atau riasan lain sehingga keriput tidak tampak. Meski demikian sebenarnya ada bahan-bahan yang bisa membantu kita mengurangi kerutan di wajah sehingga kita akan tampak lebih muda.

Bahan-bahan yang biasanya berbentuk krim dan serum tersebut bisa dimasukkan dalam rangkaian perawatan kulit. Meskipun beberapa bahan dapat menghaluskan dan menenangkan kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih muda, namun ada bahan yang justru dapat memperburuk tampilan garis-garis halus. 

Lalu bahan-bahan apa saja yang sudah terbukti dapat mengurangi garis-garis penuaan dan keriput?

Bahan perawatan kulit untuk mengurangi keriput

1. Retinol

Bart Kachniarz, MD, seorang ahli bedah plastik lulusan Harvard dan Johns Hopkins yang bekerja di Belcerna Plastic Surgery, merekomendasikan salah satu bahan perawatan kulit anti penuaan yang paling populer: retinol, suatu bentuk retinoid.

Turunan vitamin A ini berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan mendorong pergantian sel, mengencangkan kulit dan menghaluskan kerutan. Untuk memakai retinol, mulailah dengan dosis rendah dan secara bertahap tingkatkan sesuai toleransi. 

Retinol dapat menyebabkan kekeringan, pengelupasan, dan kemerahan, jadi lembapkan setelahnya dan gunakan tabir surya.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Bisa Menggunakan Retinol?

2. Vitamin C

Selanjutnya, Kachniarz mengatakan rutinitas perawatan kulit harianmu juga harus mencakup vitamin C. 

“Antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas, sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Antioksidan ini tersedia dalam bentuk serum, losion, dan krim, [dan] umumnya aman untuk semua jenis kulit, tetapi mungkin menyebabkan rasa perih atau iritasi pada beberapa orang," katanya.

Corey L. Hartman, MD, FAAD, seorang dokter kulit dan pendiri Skin Wellness Dermatology, mengatakan bahwa vitamin C adalah salah satu dari tiga pilar dalam perawatan kulit, bersama dengan retinol dan tabir surya.

“Menerapkan campuran ketiganya dengan tepat tidak hanya akan memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan, namun juga dapat membantu memperbaiki beberapa kerusakan yang telah terjadi,” kata Hartman kepada Best Life. 

“Produk dengan antioksidan seperti Vitamin C akan membantu mencegah radikal bebas merusak kolagen di wajah yang menyebabkan kulit kendur.”

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Jerawat, Sudah Tahu?

3. Hyaluronic acid

Bahan lain yang perlu kita cari untuk membantu menyembunyikan kerutan adalah asam hialuronat, kata Kachniarz. Diproduksi secara alami di mata, persendian, dan kulit, zat ini membantu menjaga bagian tubuh tetap terhidrasi dan kenyal, jelas Klinik Cleveland.

Bahan ini juga biasa digunakan dalam produk perawatan kulit anti penuaan sebagai bahan pelembab topikal. “Humektan ini menarik kelembapan pada kulit, mengencangkannya, dan mengurangi kerutan,” jelas Kachniarz. “Tersedia dalam serum, losion, dan krim, lembut untuk sebagian besar jenis kulit.”

4. Niacinamide

Memilih produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide juga dapat memberikan manfaat kecantikan yang besar.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com