Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bakuchiol, Alternatif Retinol yang Lebih Aman

Kompas.com - 13/01/2024, 07:07 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu termasuk orang yang peduli dengan perawatan kulit, kamu pasti pernah mendengar tentang retinol dan segala manfaatnya, termasuk efek anti penuaan dan membantu menghilangkan jerawat. 

Nah, belakangan ada bahan baru yang memiliki manfaat serupa, namun minim efek samping yang kerap dihindari pada retinol. Bahan itu adalah bakuchiol.

Bakuchiol adalah ekstrak nabati yang kini banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Bakuchiol memiliki khasiat yang mirip dengan retinol, tanpa menimbulkan masalah pada kulit sensitif.

Apa itu bakuchiol?

Ekstrak Bakuchiol berasal dari tanaman Babchi, yang terkenal dengan bunga ungunya dan digunakan dalam pengobatan Tiongkok dan India. Ekstraknya dapat ditemukan dalam pelembab harian, serum dan krim.

“Bakuchiol sering digunakan sebagai alternatif retinol yang lebih lembut. Ini dapat membantu kulit terlihat lebih halus dan mengurangi munculnya kerutan,” jelas dokter kulit Shilpi Khetarpal, MD. 

“Beberapa orang menyukainya karena dianggap lebih lembut di kulit dibandingkan bahan lainnya.”

Baca juga: Mengenal Bakuchiol: Alternatif Retinol dalam Perawatan Kulit

Bakuchiol vs. retinol

Apa perbedaan bakuchiol dengan retinol?

Retinol adalah suatu bentuk vitamin A yang membantu meningkatkan elastisitas dan ketebalan kulit kita. Seiring waktu, retinol dapat membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara keseluruhan.

Meskipun memiliki banyak manfaat, retinol juga dapat menimbulkan efek samping bagi orang dengan kulit sensitif. “Bahan ini diketahui menyebabkan kulit kering dan teriritasi, serta gatal atau perih bagi sebagian orang,” kata Dr. Khetarpal.

Sedangkan bakuchiol memiliki fungsi seperti retinol dalam membantu:

  • Mengurangi tanda-tanda kerutan dan garis halus
  • Meningkatkan kelembutan kulit
  • Mengurangi kerusakan akibat sinar matahari
  • Membuat kulit lebih segar dan bercahaya
  • Mencegah pori-pori tersumbat
  • Memberikan sifat antioksidan

Singkatnya, bakuchiol diyakini dapat memberikan semua manfaat retinol tanpa efek samping yang menjengkelkan. Meskipun bakuchiol cukup efektif melawan retinol, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat perbandingannya dengan retinoid yang dapat mengatasi masalah kulit yang lebih serius.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Manfaat bakuchiol

Selain memberikan sebagian besar manfaat retinol, Bakuchiol juga menawarkan beberapa manfaat lainnya, termasuk:

Lebih lembut pada kulit

Dibandingkan beberapa bahan perawatan kulit lainnya seperti retinol, bakuchiol dianggap lebih lembut di kulit. Artinya mungkin lebih cocok untuk orang dengan sensitivitas kulit seperti rosacea atau eksim.

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa bakuchiol bekerja sebaik retinol dalam mengatasi tanda-tanda penuaan. Studi tersebut juga menemukan bahwa bahan tersebut cenderung tidak menimbulkan efek buruk seperti gatal, kemerahan, dan iritasi dibandingkan retinol.

Tidak meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari

Retinol diketahui memperlambat produksi melanin, yang dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit akibat sinar matahari. Inilah mengapa disarankan untuk tidak menggunakan retinol pada siang hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com