Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Produk Rambut yang Mengandung Kafein Aman Digunakan?

Kompas.com - 08/05/2024, 09:09 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat, kuat, dan panjang? Untuk mendapatkannya, banyak orang mencari bahan-bahan yang tepat agar rambutnya lebih sehat, dan salah satu rahasia kecantikan rambut mereka mungkin terletak pada produk yang mengandung kafein.

Produk perawatan rambut berkafein menjadi tren baru di dunia kecantikan. Tetapi, apakah benar produk ini dapat mempercepat pertumbuhan rambut?

Jika kamu penasaran tentang rahasia kecantikan ini, mari kita selidiki lebih dalam.

Apa itu produk rambut berkafein?

Produk rambut berkafein adalah produk perawatan rambut yang mengandung kafein, senyawa yang biasanya kita temui dalam kopi.

Kafein diyakini dapat merangsang folikel rambut dan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Ini artinya, lebih banyak nutrisi dan oksigen bisa mencapai akar rambut, yang pada gilirannya dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

"Saya tidak akan merekomendasikan menuangkan kopi langsung ke rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut, karena dapat menyebabkan iritasi untuk rambut," jelas Dendy Engelman, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di New York City.

"Menggunakan produk rambut yang mengandung kafein lebih aman, karena biasanya produk tersebut mengandung bahan-bahan lain yang bermanfaat dan melindungi rambut pada saat yang bersamaan," lanjutnya.

Baca juga: 3 Manfaat Kopi untuk Rambut, Bisa Bikin Lebih Hitam

Apa saja manfaat kafein untuk rambut?

Menurut Dr. Engelman, penelitian telah menunjukkan bahwa kafein memiliki banyak manfaat untuk rambut. Penelitian memberikan bukti bahwa kafein adalah stimulator untuk pertumbuhan rambut, yang telah ditemukan dalam sebuah penelitian terhadap pasien dengan alopecia (penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut).

Selain itu, kafein bisa meningkatkan fungsi pelindung pada kulit kepala individu, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut secara keseluruhan.

"Kafein juga mengandung antioksidan yang mungkin bermanfaat bagi rambut, meskipun masih sedikit penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan manfaat spesifiknya," kata Dr.Engelman.

Sementara Dr. Engelman adalah pendukung kafein untuk pertumbuhan rambut, Kerry E. Yates, seorang ahli trikologi dan pendiri Colour Collective, tidak terlalu yakin kafein akan banyak membantu.

"Kafein diklaim dapat menstimulasi folikel, dan beberapa merek perawatan menyebutkan bagaimana penambahan kafein akan menguatkan setiap helai rambut, meningkatkan volume rambut," kata Yates.

"Tapitidak ada bukti nyata bahwa kafein mendorong pertumbuhan rambut atau manfaat penambah volume rambut. Namun demikian, kafein memang memberikan manfaat antioksidan, yang akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala," lanjutnya.

Baca juga: 3 Penyebab Utama Garis Rambut Mundur dan Cara Mengatasinya

Apa kafein membantu pertumbuhan rambut?

Kafein tampaknya memiliki efek stimulasi pada sel, menurut Jodi LoGerfo, seorang dokter kulit dari Orentreich Medical Group di New York City. Karena itu, kafein berpotensi membantu pertumbuhan rambut.

"Kafein pada dasarnya adalah stimulan yang meningkatkan sirkulasi, yang dapat memiliki kapasitas untuk memberi nutrisi pada folikel rambut," katanya.

"Kafein juga dapat memberikan lebih banyak oksigen, yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel," lanjutnya.

Apakah ada efek samping kafein untuk rambut?

Ada kemungkinan bahwa kulit kepala yang sensitif atau penggunaan kafein yang terlalu sering pada rambut dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering atau iritasi.

"Selain itu, tergantung pada produknya, penggunaan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan rambut menjadi kecoklatan atau berubah warna," kata Dr. Engelman.

Menurut Yates, kafein biasanya dimasukkan dalam kadar yang sangat rendah dalam formula perawatan rambut sehingga seharusnya tidak ada efek samping untuk penggunaannya.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Garis Belahan Rambut yang Semakin Lebar? 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com