Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2024, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian perempuan merasa tidak percaya diri dengan kehadiran bulu ketiak sehingga mencari beragam cara untuk menghilangkannya.

Selain perawatan profesional di klinik, ada sejumlah bahan alami yang disebut dapat mengurangi dan menghilangkan bulu ketiak. 

Baca juga: Kunyit Bisa Menghilangkan Bulu Ketiak, Simak Caranya 

Salah satunya adalah kopi. Lantas, apakah kopi dapat mengurangi dan menghilangkan bulu ketiak? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Medical News Today, Glamour, dan Body Details. 

Apakah kopi dapat menghilangkan bulu ketiak

Ilustrasi biji kopi, Apakah kopi dapat menghilangkan bulu ketiak? 
Freepik.com Ilustrasi biji kopi, Apakah kopi dapat menghilangkan bulu ketiak?

Disarikan dari Healthline, Glamour, dan Body Details, kopi tidak memiliki khasiat untuk menghilangkan bulu ketiak.

Sebaliknya, Pakar Rambut dan Kulit Kepala di Wigs.com, Carliz Soleto Teague, mengatakan bahwa kopi justru bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut dengan cara menstimulasi akarnya. 

“Kopi menstimulasi akar rambut dengan memperbaiki struktur dan pertumbuhannya, sehingga kafein (dalam kopi) dapat memulihkan pertumbuhan rambut atau mencegah kerontokan rambut,” ujar Teague dalam Glamour

Baca juga: 7 Deodoran Alami Merek Lokal, Bantu Mencerahkan Ketiak

Teague mengatakan pendapat yang mengatakan bahwa campuran kopi dan soda kue, yang selama ini diyakini ampuh menghilangkan bulu ketiak, merupakan mitos. 

Meskipun sebagian orang mengklaim campuran kopi dan soda kue dapat merusak folikel rambut, namun yang terjadi sebenarnya adalah iritasi kulit dan pori-pori tersumbat. 

“Folikel rambut tetap utuh, bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi sebenarnya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut,” imbuh Teague. 

Baca juga: Apakah Kita Perlu Melakukan Detoks Ketiak?

Informasi serupa juga tercantum dalam artikel bertajuk “6 DIY Hair Removal Methods Likely to Lead to Disaster” dilansir dari Body Details. Dalam artikel tersebut disampaikan bahwa campuran kopi dan soda kue diyakini sebagian orang dapat merusak folikel rambut sehingga menghambat pertumbuhannya. 

Faktanya, campuran kopi dan soda kue justru berpotensi menyebabkan iritasi kulit, lantaran menyumbat pori-pori. 

Penggunaan kopi dan soda kue maupun campuran lainnya (seperti pasta gigi) mungkin bisa saja membuat bulu ketiak rontok. Namun demikian, hal tersebut tidak bersifat permanen, bahkan justru bisa menyebabkan iritasi kulit seperti disampaikan sebelumnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com