Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Kopi Bermanfaat Meningkatkan Daya Ingat, Benarkah?

Kompas.com - 28/12/2023, 12:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

Sumber Hola

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Peminatnya sangat tinggi sehingga memicu berbagai riset soal potensi kopi, khususnya untuk memori dan kesehatan secara keseluruhan.

Biji kopi sendiri mengandung trigonelline yang berfungsi mengaktifkan antioksidan untuk melindungi pembuluh darah di otak.

Baca juga: 7 Tahapan Pengolahan Biji Kopi Menjadi Kopi Bubuk Siap Seduh

Bagi sebagian orang, kandungan kafeinnya juga memberikan energi, sehingga dapat membantu membakar kalori, mengurangi risiko alzheimer, dan risiko kematian dini serta penyakit kardiovaskular.

Manfaat minum kopi untuk kesehatan otak

Sejumlah penelitian telah menguatkan efek positif kopi terhadap kesehatan manusia.

Dalam salah satu penelitian terbaru di Tsukuba University, Jepang, disimpulkan bahwa trigonelline (TG), alkaloid tanaman yang ditemukan dalam kopi, mampu meningkatkan fungsi kognitif.

Penelitian lain, yang diterbitkan dalam Frontiers in Behavioral Neuroscience, juga menyimpulkan, minum kopi meningkatkan konektivitas di jaringan visual yang lebih tinggi.

Manfaatnya juga termasuk jaringan kontrol eksekutif yang tepat, bagian otak yang terlibat dalam memori kerja, kontrol kognitif, dan perilaku yang diarahkan pada tujuan.

Baca juga: 5 Alasan Mengantuk Setelah Minum Kopi

Dengan cara ini, profesor di Minho University, Nuno Sousa, memastikan bahwa setelah minum kopi subjek lebih siap untuk bertindak dan waspada terhadap rangsangan eksternal.

Memahami manfaat kopi hitam tanpa gula untuk diabetes sangatlah penting sebelum Anda mencoba mengonsumsinya.SHUTTERSTOCK/Kabachki.photo Memahami manfaat kopi hitam tanpa gula untuk diabetes sangatlah penting sebelum Anda mencoba mengonsumsinya.

Sementara itu, psikiater gizi dari Harvard Medical School dan penulis "This is Your Brain on Food", Dr Uma Naidoo, mengatakan, kopi memiliki tiga hal yang perlu diingat dalam kaitannya dengan otak dan fungsinya:

  • Mikronutrien dalam kopi membantu mencegah kerusakan jaringan akibat radikal bebas yang terpapar pada tubuh setiap hari.
  • Biji kopi mengandung trigonelline, yang mengaktifkan antioksidan yang melindungi pembuluh darah di otak.
  • Kafein meningkatkan serotonin dan asetilkolin, yang menstimulasi otak dan menstabilkan sawar darah-otak (yang mencegah masuknya bakteri).

Baca juga: Bolehkah Minum Kopi Saat Perut Kosong?

Dr Uma juga mengungkapkan, kopi dapat berkontribusi dalam mendukung daya ingat, selama dikonsumsi secara bertanggung jawab.

"Meskipun banyak orang berpendapat kopi berbahaya bagi kesehatan, tapi kopi memiliki lebih banyak manfaat dan saya merekomendasikan konsumsi dua hingga empat cangkir per hari," terangnya.

Tips mendapatkan lebih banyak manfaat dari minum kopi

Ada beberapa tips yang disarankan Dr Uma agar kita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari rutinitas minum kopi.

  • Jangan berlebihan dan gunakan kecerdasan tubuh, yaitu menganalisis bagaimana makanan atau minuman membuat kita merasa.
  • Konsumsi kopi di pagi hari untuk mengasosiasikannya dengan stimulus positif untuk hari itu.
  • Siapkan kopi di rumah untuk menghindari bahan kimia dan zat yang menguras nutrisi.

Menurut Dr Uma, memiliki rutinitas di pagi hari juga bisa membantu menjaga otak tetap dalam kondisi yang baik sekaligus membantu meningkatkan energi.

Berguna pula untuk memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan produktivitas maupun konsentrasi.

Kendati demikian, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi, atau minumnya di waktu lain, selain pagi hari, karena kopi bisa menyebabkan masalah tidur.

"Kopi yang tidak disaring juga mengandung minyak alami yang meningkatkan kadar kolesterol LDL, sehingga dapat menyebabkan penebalan dan pengerasan dinding arteri otak," kata Dr Uma.

Untuk alasan ini, ia merekomendasikan agar orang-orang bertanggung jawab dengan konsumsi kopi dan mengevaluasi apakah mereka dapat memperoleh manfaat dari kopi.

Baca juga: Rekomendasi Kopi Sesuai Zodiak dan Kepribadian Kita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com