Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2024, 17:56 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kopi dengan kandungan antioksidannya yang tinggi diyakini membawa sejumlah manfaat untuk kulit, termasuk wajah.

Dilansir dari Healthline, meskipun secangkir kopi dapat memberikan manfaat antioksidan secara internal atau jika dikonsumsi, manfaatnya juga diklaim dapat kita rasakan secara topikal atau jika diaplikasikan di luar tubuh.

Untuk itu, banyak yang mencoba menggunakan masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar dan mengoleskannya ke kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Kopi untuk Wajah, Bantu Cegah Penuaan

Lalu, bagaimana untuk masalah jerawat, apakah masker kopi untuk jerawat ampuh atau justru tidak disarankan untuk digunakan?

Masker kopi untuk wajah, efektifkah?

Dilansir dari Medical News Today, antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat yang terkandung dalam kopi dapat membuatnya menjadi scrub wajah yang efektif untuk melawan jerawat.

Jerawat muncul akibat minyak, sel kulit mati, dan zat-zat lain yang menyumbat pori-pori, kemudian dapat terinfeksi oleh bakteri, sehingga mengakibatkan peradangan.

Menggosok wajah dengan ampas kopi dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori.

Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa jenis bakteri.

Baca juga: Perawatan Jerawat di Klinik, Apakah Sakit?

Lebih lanjut, laman Healthline menuliskan bahwa dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya.

Sifat anti-peradangan dan anti-bakteri yang dimiliki kopi jika dikombinasikan dengan pengelupasan kulit alami dari ampas kopi secara kolektif diyakini dapat membantu meredakan jerawat.

Ilustrasi kulit berjerawat.Freepik/makistock Ilustrasi kulit berjerawat.

Kendati demikian, menurut laman Very Well Health, ampas kopi saja tidak akan bisa membersihkan jerawat. Meskipun scrub kopi dapat mengangkat lapisan kulit mati, tetapi scrub tidak dapat menembus pori-pori kulit. Padahal, di dalam pori-pori itulah noda jerawat bermula.

Oleh karena itu, tetaplah barengi dengan jenis perawatan lainnya.

Baca juga: Kenapa Jerawat Masih Muncul di Usia 30-an? Ini Penyebabnya

Selain itu, perhatikan kondisi kulit. Sebab scrub ampas kopi juga bisa agresif dan malam mengiritasi bagi jerawat meradang.

Untuk kondisi jerawat parah, atau pada kulit sensitif, sebaiknya mengonsultasikannya secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan kecantikan agar mendapatkan perawatan yang tepat.

@kompas.lifestyle Kemarin, ada beberapa orang yang sempat ditanya soal gimana cara mereka nanganin jerawat yang muncul di wajahnya, kalau di wajahnya lagi ada jerawat. Kebanyakan dari mereka bilang, jerawatnya didiamkan, lalu diberi obat totol atau acne patch sampai jerawatnya mereda. Apa iya cara itu sudah tepat? Yuk, simak penjelasannya di video ini ya! #acne #jerawat #skincare #lifestyle ? original sound - Kompas Lifestyle
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com