Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Memilih Sabun Muka untuk Mengatasi Jerawat

Kompas.com - 24/02/2024, 18:20 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Selain mandi dan menyikat gigi, kita juga biasanya mencuci muka setiap hari. Menghilangkan kotoran, minyak, dan riasan yang menempel di lapisan luar kulit membantu menjaga wajah tetap bersih dan segar.

Namun saat berjerawat, kamu mungkin bertanya-tanya apakah pembersih muka yang sebaiknya dipilih? Apakah sabun muka benar-benar menghilangkan polutan atau membunuh bakteri? Haruskah menggunakan pembersih wajah eksfoliasi? Atau yang mengandung obat jerawat?

Memang mulai dari komedo putih hingga komedo hitam, jerawat dan bruntusan di wajah kadang sulit untuk dijinakkan tanpa produk yang tepat.

Baca juga: Arti Jerawat di Berbagai Tempat di Wajahmu

Jadi, ketika memilih pembersih wajah berjerawat, dokter kulit Vickie Baker, MD, menjelaskan bahan apa yang harus dicari dan mengapa penting untuk mengetahui jenis jerawat yang kamu miliki, serta jenis kulit untuk membantu efektifitas produk.

Mengapa penting untuk mengetahui jenis jerawat yang muncul?

Ada berbagai jenis jerawat, dan mengetahui jenis jerawat yang kamu miliki dapat membantu menentukan jenis perawatan apa – termasuk pembersih wajah terbaik – yang paling cocok.

Jenis-jenis jerawat antara lain:

  • Jerawat jamur. Hal ini terjadi ketika jamur menumpuk di folikel rambut dan menjadi jerawat yang biasanya terasa gatal dan meradang.
  • Jerawat kistik. Jika menderita jerawat kistik, kamu akan memiliki jerawat yang dalam dan berisi nanah, dan dapat menimbulkan bekas luka.
  • Jerawat hormonal. Jerawat hormonal terjadi ketika produksi sebum berlebihan sehingga menyumbat pori-pori wajah.
  • Jerawat nodular. Jerawat nodular adalah bentuk jerawat parah yang menyebabkan bruntusan di permukaan kulit serta benjolan nodular lembut di bawah kulit.

“Setelah mengetahui jenis jerawat yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan saran tentang cara mengobatinya,” kata Dr. Baker. “Misalnya, jerawat kistik biasanya memerlukan perawatan medis untuk mengurangi lesi.”

Dan mengetahui jenis kulitmu – apakah kering, berminyak, sensitif, kombinasi, atau rentan berjerawat – juga dapat menentukan jenis produk pembersih yang bisa kamu gunakan.

“Jika memiliki kulit sensitif, kamu sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang creamy,” kata Dr. Baker. “Kamu harus berhati-hati terhadap produk pembersih wajah berbentuk gel, yang cenderung mengeringkan kulit sensitif karena berbahan dasar alkohol.”

Secara keseluruhan, pembersih yang berbusa atau pembersih berbahan dasar gel dapat mengeringkan kulit. Formula krim cenderung memberikan lebih banyak hidrasi.

Baca juga: 8 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Bantu Atasi Jerawat

Bahan yang disarankan untuk melawan jerawat

Untuk melawan jerawat, ada beberapa bahan utama yang menurut Dr. Baker harus kita perhatikan dalam perawatan kulit.

“Bahan-bahan ini penting ketika berbicara tentang jerawat karena kita perlu mengurangi minyak dan bakteri yang ada di kulit,” tambahnya.

Benzoil peroksida. Bahan yang biasa ditemukan pada sabun cuci muka anti jerawat ini memiliki kekuatan yang berbeda-beda. “Benzoil peroksida adalah bahan No. 1 dalam melawan jerawat. Dapat melawan bakteri, melawan penyumbatan pori-pori dan memiliki efek anti inflamasi yang berarti mengurangi kemerahan, bengkak dan nyeri,” jelas Dr. Baker. 

“Kekuatan tertinggi yang tersedia adalah 10%, namun kita juga dapat menemukan produk dengan kekuatan serendah 2,5%.”

Asam salisilat. Kita biasanya dapat menemukan 2% asam salisilat dalam pembersih wajah untuk jerawat. Asam salisilat ditujukan untuk jenis kulit lebih sensitif yang mudah kering, catat Dr.Baker. Bahan ini membantu mengatasi peradangan dan mengeringkan jerawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com