Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 10:23 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.com - Pemilik kulit berminyak dan berjerawat, seringkali merasa tak butuh kelembapan ekstra. Tapi sebenarnya hal ini adalah anggapan yang salah.

Kulit yang berminyak justru akan mengatasi kurangnya kelembapan dengan memproduksi lebih banyak minyak.

Dokter kulit, Corey L. Hartman menyarankan untuk selalu melembapkan kulit setiap hari. Ini dapat membantu mengatur produksi kelenjar minyak secara teratur dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan.

Ia juga menekankan pentingnya menggunakan face oil yang tepat untuk jerawat. Minyak yang tepat dapat membantu menjaga keseimbangan kulit, mengurangi jerawat, dan mengurangi kemerahan serta peradangan yang seringkali disebabkan oleh jerawat.

Kuncinya adalah memilih minyak yang ringan, tidak menyumbat pori-pori, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Berikut rekomendasi face oil yang dapat membantu mengatasi jerawat.

Baca juga: Mengenali Pemicu Jerawat dan Bahan Penting untuk Mengatasinya

Minyak kamellia

Kaya dengan antioksidan dan asam lemak, minyak kamelia adalah jenis minyak ringan yang cepat meresap dan lembut saat digunakan pada kulit. Minyak ini juga aman digunakan karena tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Selain melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, minyak ini juga memiliki potensi untuk mengurangi tampilan noda jerawat dan bekas luka jerawat yang merah dan gelap.

Minyak untuk wajahpexels.com Minyak untuk wajah

Minyak Rosehip seed

Minyak biji rosehip juga bisa menjadi pilihan. Face oil ini lembut dan tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, minyak ini diserap dengan cepat oleh kulit sehingga menghasilkan kulit yang lembut dan sehat. Tak hanya itu, kemampuannya dalam meredakan peradangan juga dapat membantu mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulit.

Baca juga: Face Oil Multifungsi, Cocok untuk Kulit Berjerawat

Tea tree oil

Dokter kulit di New York City, Amerika Serikat, Rachel Nazarian mengatakan tea tree oil adalah salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi jerawat.

Tea tree oil dikenal dengan aroma segar dan telah diakui karena kemampuannya sebagai antibakteri yang membantu menjaga kulit tetap bersih.

Black cumin oil

Jintan (cumin) mungkin lebih dikenal sebagai bumbu dapur, tetapi ternyata minyak biji jintan hitam juga dapat memberikan manfaat ajaib untuk kulit kita.

Penelitian mengungkap, minyak biji jintan hitam memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat serta menjaga kulit tetap bersih.

Minyak biji pomegranate atau delima

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com