Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Minyak Cem-ceman atau Minyak Kelapa Murni

Kompas.com - 12/08/2023, 19:21 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Meminyaki rambut adalah praktik menuangkan minyak ke rambut dan memijatnya ke kulit kepala untuk meningkatkan kelembaban, kilau, dan kilau.

Meminyaki rambut dapat melembutkan rambut dan memberikan vitamin dan mineral yang terkikis akibat seringnya keramas.

Minyak memainkan peran penting dalam melindungi rambut dari keausan dan kerusakan. Meminyaki rambut secara teratur dapat mengurangi kelelahan atau pembengkakan dan pengeringan pada rambut.

Selain itu, minyak memiliki asam lemak yang membantu menggantikan lipid pada rambut. Lipid ini hilang karena perawatan kimiawi, penataan rambut, atau bahkan polusi.

Minyak akan membantu memperkuat batang rambut, terutama pada rambut keriting dan kering. Hal ini paling bermanfaat ketika minyak dibiarkan di rambut semalaman.

Salah satu minyak yang populer di Indonesia adalah minyak cem-ceman yang merupakan campuran minyak kelapa dengan beberapa bahan lain.

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat, termasuk asam laurat. Asam lemak ini memiliki kemampuan menembus struktur rambut dan memberikan kelembaban serta nutrisi yang diperlukan.

Hal ini menjadikannya salah satu minyak terbaik untuk mengurangi kehilangan protein dari rambut yang rusak dan tidak rusak.

Baca juga: Cara Sederhana Atasi Ketombe dengan Lemon dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat memberikan kondisi yang dalam, memberikan perlindungan alami, dan umumnya merupakan pilihan yang baik untuk sebagian besar jenis rambut.

Cara menggunakan minyak cem-ceman atau minyak kelapa

  1. Oleskan minyak pada kulit kepala dan pijat dengan ujung jari menggunakan gerakan melingkar. Memijatkan minyak ke kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
  2. Oleskan minyak yang tertinggal di telapak tangan ke rambut. Mengoleskan minyak ke kulit kepala juga dapat mencegah ketombe.
  3. Tutup dengan handuk atau shower cap dan biarkan semalaman.
  4. Keesokan harinya, keramaslah rambut dalam keadaan kering. Bilas hingga bersih.
  5. Kondisikan seperti biasa. Kita juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai kondisioner.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Bercabang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com