Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat BCL tentang Masalah Kulit, Pernah Alami Spruten

Kompas.com - 02/05/2024, 16:33 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kulit yang sehat dan berkilau adalah dambaan banyak orang.

Namun, tidak sedikit yang dihadapkan dengan berbagai masalah kulit, tak terkecuali penyanyi dan aktris Bunga Citra Lestari alias BCL.

Pemeran Diana dalam film My Stupid Boss mengaku pernah mengalami masalah kulit wajah ketika masih remaja. Meskipun, masalah tersebut tak sampai mengganggu kenyamanan hidupnya.

"Mungkin waktu masih lebih muda, ya. Pastinya ada jerawat saat momen mendekati masa datang bulan, tapi enggak sampai mengganggu," ujar BCL di press conference & talkshow Hanna Glow di Jakarta Pusat, Selasa (30/05/2024).

Baca juga:

Selain itu, pelantun Pernah Muda itu juga berbagi pengalaman tentang perjuangannya dengan spot spruten yang mungkin mengganggu penampilan.

Adapun spruten menurut dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman dr. Ismiralda Oke Putranti adalah istilah dalam bahasa Belanda yang artinya menonjol, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dalam dunia medis, spruten dikenal sebagai keratosis seboroik. Secara kasat mata, spruten cenderung mengembang di permukaan dan seperti kutil.

Biasanya, spruten berwarna coklat, tetapi bisa juga berwarna kuning, putih, atau hitam.

"Dulu aku punya banyak spot spruten di wajah yang enggak aku inginkan, tapi ketika aku mulai menerima kondisi tersebut, aku mencoba untuk rutin saja melakukan perawatan," paparnya.

Secara umum, untuk memiliki kulit wajah yang sehat BCL mencoba konsisten dalam menggunakan produk perawatan kulit.

Baca juga:

Setidaknya, beberapa produk yang wajib digunakannya adalah pembersih wajah, toner, dan tabir surya alias sunscreen.

"Solusinya, aku harus rutin pakai skincare. Karena kalau pakai cuma sehari atau dua, pasti enggak bakal ada efeknya," tutur BCL.

@kompas.lifestyle Basic step skincare untuk malam hari ini kurang lebih sama kayak basic step skincare biasa. Bedanya cuma ditambah pemakaian serum aja. Jadi, kalau kalian mau pake serum-serum dengan bahan aktif, nah itu dipakenya pas malam hari aja ya guys! Oh iya, buat pemula yang mau pake retinol, pakenya mulai dua kali sehari dulu aja ya, jangan langsung setiap hari. Habis ini mau tips apa lagi nih? Cus komen di bawah! Kreatif: Chrisstella Efivania Rosaline Produser: Nabilla Tashandra #tipsskincare #tipsskincarepemula #skincare #skincaretips #skincareroutine #skincareproducts #skincaredaily #skincare101 ? ??? ??? ??? ????? - ,
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com