Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 07:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Meskipun namanya terdengar mirip, namun sunscreen dan sunblock memiliki sejumlah perbedaan. Apa beda sunscreen dan sunblock? Simak ulasannya berikut ini agar kamu tidak salah pilih. 

Meskipun berbeda, kedua produk tersebut sama-sama dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Setiap individu wajib menggunakan sunscreen atau sunblock, sebab paparan sinar matahari dapat memicu berbagai permasalahan kulit. 

Baca juga:

Beda sunscreeen dan sunblock 

Berikut perbedaan antara sunscreen dan sunblock seperti dilansir dari Verywell Health dan Healthline.

Ilustrasi menggunakan sunscreen, apa beda sunscreen dan sunblock?Unsplash Ilustrasi menggunakan sunscreen, apa beda sunscreen dan sunblock?

Cara kerja 

Sunscreen merupakan jenis perlindungan dari sinar matahari yang paling umum digunakan. Cara kerja sunscreen adalah dengan menyaring sinar UV matahari.

Jadi, bahan aktif sunscreen menyerap sinar UV kemudian mengeluarkannya dari kulit sebagai energi panas, sebelum sinar UV menembus kulit lebih dalam. Sunscreen juga dikenal sebagai chemical sunscreen.

Melansir dari Healthline, chemical sunscreen bekerja di bawah permukaan kulit dengan cara menyerap sinar UV sebelum diserap kulit yang lebih dalam. Chemical sunscreen mengandung bahan aktif yang menyerap sinar UV sebelum kulit lebih dalam dapat menyerapnya.

Sementara itu, sunblock menghalangi sinar UV dengan cara memantulkannya. Sunblock juga dikenal sebagai physical sunscreen

Melansir dari Healthline, physical sunscreen bekerja dengan cara membentuk penghalang atau perisai pada kulit, sehingga melindungi dari paparan sinar matahari. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com