Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Rekomendasi Sunscreen Anak, Bisa Dipakai Kulit Sensitif

Kompas.com - 03/03/2024, 10:25 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya orang dewasa, tabir surya atau sunscreen juga penting untuk anak-anak. Melansir dari Healthline, sebagian besar kerusakan kulit akibat sinar matahari justru terjadi pada masa kanak-kanak.

Jadi, sangat penting untuk melindungi kulit si kecil dari sinar matahari UVA dan UVB karena langkah tersebut akan bermanfaat bagi mereka seumur hidup. 

Baca juga:

Sunscreen memberikan tingkat perlindungan yang sama, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Misalnya, sunscreen SPF 30 maka mampu memblokir 97 persen sinar UV yang terkena kulit.

Namun, perbedaan terbesarnya (selain kemasan yang lucu) adalah sunscreen anak-anak diformulasikan dengan mempertimbangkan kulit sensitif, sehingga kecil kemungkinan mengandung bahan kimia yang menyebabkan iritasi.

Rekomendasi sunscreen anak

Berikut rekomendasi sunscreen anak-anak seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Expert Care Physical Sunscreen

Expert Care Physical Sunscreen SPF50+ PA+++, rekomendasi sunscreen anak 
Shopee Expert Care by Tentang Anak Official Store Expert Care Physical Sunscreen SPF50+ PA+++, rekomendasi sunscreen anak

Expert Care Physical Sunscreen merupakan physical sunscreen yang dikembangkan oleh  dokter anak dan dokter kulit. Sunscreen anak ini diklaim memiliki proteksi optimal karena kandungannya lengkap. 

Meliputi, titanium dioxide untuk menangkal UVB, zinc oxide guna menangkal UVA, colloidal oatmeal untuk melembabkan, mencegah iritasi serta radang, ceramides, dan niacinamide. Namun, physical sunscreen dengan kandungan lengkap, terutama titanium dioxide, pasti menyebabkan whitecast.

Dengan cara pemakaian yang benar, whitecast tersebut akan minimal. Harga Expert Care Physical Sunscreen dibanderol Rp 149.000 kemasan 50 gram. 

2. You Are My Sunshine Moell Physical Sunscreen

You Are My Sunshine Moell Physical Sunscreen, rekomendasi sunscreen anak 
Shopee Moell Official Store You Are My Sunshine Moell Physical Sunscreen, rekomendasi sunscreen anak

Sunscreen anak yang satu ini cukup populer di kalangan orangtua. Moell Physical Sunscreen merupakan physical sunscreen yang memberikan perlindungan maksimal bagi kulit anak dan bayi dari sinar UVA dan UVB. 

Kandungannya antara lain, 100 persen physical mineral sunscreen, organic avocado oil, calendula oil, dan argan oil. Dengan formula water resistant, Moell Physical Sunscreen tahan terhadap keringat dan air serta tetap lembut di kulit.

Sunscreen ini juga telah melewati double tested formulation, yakni dermatological tested dan hypoallergenic tested. Harganya dibanderol Rp 65.000 untuk kemasan 30 gram. 

3. Mustela High Protection Sun Lotion 

Mustela High Protection Sun Lotion, rekomendasi sunscreen anak 
Shopee Mustela Indonesia Official Shop Mustela High Protection Sun Lotion, rekomendasi sunscreen anak

Bagi anak dengan kulit sensitif atau atopik, maka Mustela High Protection Sun Lotion bisa menjadi alternatif. Sunscreen dengan SPF 50+ ini, memiliki formula hypoallergenic, sehingga cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. 

Kandungannya antara lain, patented natural ingredients, minyak alpukat, gliserin, dan vitamin E yang bersifat hypoallergenic. Selain itu,  Mustela High Protection Sun Lotion tidak mengandung alkohol, parabens, dan phthalates sehingga aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit atopik. 

Mustela High Protection Sun tahan terhadap air dan pasir, serta tidak lengket di kulit. Harganya dibanderol Rp 252.000 untuk kemasan 40 ml. 

4. Buds Organics Solar Care Lotion 

Buds Organics Solar Care Lotion, rekomendasi sunscreen anak 

Shopee Buds Organics Official Store Buds Organics Solar Care Lotion, rekomendasi sunscreen anak

Merek produk perawatan bayi yang satu ini sudah cukup familiar di kalangan orangtua. Keunggulan Buds adalah terbuat dari bahan-bahan organik dan alami yang ramah lingkungan, sehingga aman bagi kulit bayi dan anak-anak. 

Produk sunscreen anak dari Buds adalah Buds Organics Solar Care Lotion. Kandungannya antara lain titanium dioxide, vitamin E, dan ekstrak daun zaitun yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari dan radikal bebas. 

Selain itu, Buds Organics Solar Care Lotion diperkaya perpaduan ekstrak sunflower oil dan shea butter yang menjaga kelembapan kulit. Harganya dibanderol Rp 260.000 untuk kemasan 73 ml. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com