Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Mengajak Anak Nonton Bioskop, Pilih Film Sesuai Usia 

Kompas.com - 21/04/2024, 11:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Konsultasi Tanya Pakar Parenting

Uraikan lika-liku Anda mengasuh anak jadi lebih simpel

Kenali soal gaya asuh lebih apik lewat konsultasi Kompas.com

KOMPAS.com - Ada sejumlah persiapan yang dibutuhkan oleh orangtua saat mengajak anak menonton bioskop. Berbeda dengan kondisi sebelum kehadiran si kecil, orangtua perlu memperhatikan sejumlah hal demi kenyamanan anak. 

Menonton film bersama anak, bisa menjadi momen family time yang menyenangkan. Berikut sejumlah tips mengajak anak nonton bioskop menurut psikolog agar family time menjadi menyenangkan. 

Baca juga: Usia Berapa Anak Boleh Nonton Bioskop? Orangtua Wajib Tahu 

Tips mengajak anak nonton bioskop

Ilustrasi anak menonton bioskopShutterstock/Bbernard Ilustrasi anak menonton bioskop

1. Pilih film sesuai rating usia 

Hal utama yang perlu diperhatikan saat mengajak anak menonton di bioskop adalah pastikan memilih film sesuai dengan usia. 

Psikolog Ratih Ibrahim menegaskan, orangtua wajib mengecek lebih dulu rating usia film dan genrenya. Pastikan, anak hanya menonton film dengan rating usia SU atau Semua Umur.

“Nonton film bersama anak, wajib disesuaikan dengan umur si anak. Ada yang untuk semua umur, itu yang paling aman,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Minggu (21/4/2024). 

Dihubungi terpisah, Praktisi Psikologi Anak, Aninda, S.Psi, M.Psi.T. juga menuturkan hal senada. Ia menambahkan, meskipun rating usia film adalah SU dan genrenya memang untuk anak-anak, namun orangtua perlu mengecek kembali apakah si kecil menikmati film tersebut. 

Orangtua juga perlu memastikan bahwa anaknya memang ingin menonton film tersebut lantaran suka, bukan hanya mengikuti temannya. 

“Karena seperti yang kita ketahui di era maju seperti sekarang ini, bisa saja bukan keinginan anak untuk menonton, melainkan hanya faktor FOMO (fear of missing out) orangtua semata. Jadi, dikembalikan lagi ke diri anaknya ya,” terangnya. 

2. Perhatikan usia anak 

Sebetulnya, tidak ada ketentuan baku mengenai batasan usia anak saat menonton film di bioskop. Namun, baik Ratih maupun Aninda menganjurkan usia anak boleh diajak ke bioskop yakni 3-5 tahun dengan memperhatikan kondisi masing-masing anak.

“Di umur yang lebih kecil, saya tidak menyarankan nonton di bioskop, karena belum mengerti, bisa takut, dan paparan kuman, karena bercampur macam-macam orang, potensi anak malah jadi rewel sehingga menganggu penonton lain,” jelas Ratih. 

Senada, Aninda menganjurkan tidak mengajak anak menonton bioskop di usia yang terlalu dini. Ada beragam faktor pertimbangan, salah satunya suara di bioskop yang menggelegar sehingga dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. 

“Usia 4-5 tahun bisa dibilang sebagai usia yang umumnya sering diajak orangtua pertama kali ke bioskop, karena dianggap anak sudah cukup bisa kooperatif,” tuturnya. 

Baca juga: Catat, Risiko Ajak Bayi Nonton di Bioskop

3. Sounding tentang suasana bioskop 

Bagi anak yang pertama kali diajak ke bioskop, Aninda menganjurkan orangtua untuk sounding, atau memberikan pemahaman secara positif kepada kepada anak mengenai suasana bioskop.

Sounding anak dari hari sebelumnya tentang keadaan di dalam bioskop, seperti suara bising, gelap, banyak orang sehingga anak tidak merasa kaget saat masuk ke dalamnya,” jelas Aninda. 

4. Sounding tentang film yang akan ditonton 

Selain sounding mengenai suasana bioskop, orangtua juga bisa memberikan gambaran tentang film yang akan ditonton kepada anak. 

Aninda menuturkan, orangtua bisa memperlihatkan trailer dari film tersebut kepada anak guna memastikan bahwa anak menyukai film tersebut. 

“Pastikan anak memang suka dengan film tersebut,” kata Aninda.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com