Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2019, 12:13 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan sudah lama diketahui. Salah satunya adalah untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala.

Minyak kelapa terdiri dari kombinasi lemak alami yang membuatnya sehat bagi kulit.

Menurut peneliti bidang kosmetik Joshua Zeichner, asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa termasuk asam linoleat (yang bersahabat untuk kulit gampang berjerawat) dan lebih dari 50 persen asam lauric (melembabkan dan antimikroba).

“Penelitian menunjukkan, minyak kelapa mampu memperbaiki fungsi pelindung kulit, memiliki manfaat anti-inflamasi dan anti-mikroba,” kata Zeichner yang juga dokter dermatologi ini.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, gunakan minyak kelapa murni dan jika memungkinkan organik (kelapa yang dipakai ditanam dengan bahan-bahan dan metode alami).

Ketahui bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk menjaga keindahan rambut:

Baca juga: Rambut Rusak? Gunting Saja

- Masker rambut

Kondisioner rambut seringkali mengandung minyak kelapa karena zat ini memang mudah menyerap ke tiap helai rambut dan mencegah hilangnya protein rambut.

Gunakan seperempat sendok minyak rambut pada rambut (jumlahnya bisa disesuaikan dengan panjang pendeknya rambut), lalu sisir rambut, dan tutup dengan handuk. 

Untuk rambut yang sangat kering bisa dipakai semalaman, lalu bilas dengan sampo yang lembut.

Baca juga: Seberapa Efektif Kondisioner Menutrisi Rambut? 

- Mencegah kusut

Rambut yang kusut bisa membuat kita malas menyisir dan membuat masalah kusut ini tak berakhir. Coba gunakan minyak kelapa sedikit di jari-jari tangan lalu usapkan pada rambut yang kusut. 

Diamkan selama beberapa saat sampai rambut terlihat mengkilat dan lembut. Kemudian bilas dengan sampo sampai bersih.

Alternatif lain adalah menggunakan serum rambut anti-kusut yang emgnandung minyak kelapa.

Baca juga: Dry Shampoo, Atasi Rambut Lepek Tanpa Keramas

- Memberi kilau

Ambil sedikit saja minyak kelapa lalu usapkan pada ujung-ujung rambut untuk memberi kilau pada rambut hitam.  Jangan gunakan terlalu banyak atau rambut akan terlihat berminyak.

- Mengurangi ketombe

Minyak kelapa bisa menurunkan jumlah jamur di kulit yang memicu peradangan, terkelupas, dan gatal. Semua adalah gejala-gejala rambut berketombe. 

Atasi dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya, panaskan 2-3 sendok teh minyak kelapa di atas api. Setelah terlihat mencair, angkat agar tidak terlalu panas. Lalu pijat lembut di kulit kepala. Diamkan 30 menit lalu cuci dengan sampo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com