Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2024, 09:19 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kebanyakan dari kita menganggap rutinitas perawatan kulit adalah merawat wajah agar tampak segar dan cantik. Namun banyak orang melupakan leher dan dada bagian atas yang sebenarnya juga rentan terhadap kerutan, perubahan warna, keriput, kemerahan, dan tanda-tanda penuaan lainnya. 

Nah, sebelum itu terjadi, kamu juga harus menerapkan rangkaian perawatan kulit untuk membantu melawan kerutan di leher sehingga kulit di bagian itu terjaga tetap sehat dan awet muda.

Dokter kulit Shilpi Khetarpal, MD, berbagi tips untuk melawan kerutan leher dan apa yang harus diperhatikan dalam produk perawatan kulit untuk leher.

Baca juga: Tips Merawat dan Melindungi Kulit Leher dari Penuaan Dini

Apa penyebab kerutan di leher?

Seperti kerutan di wajah kita, kerutan di leher adalah bagian alami dari penuaan kulit. Bagaimanapun, kulit kita terekspos sepanjang hari. Dan selama bertahun-tahun, kerusakannya bisa bertambah.

Kerutan di leher disebabkan oleh hal-hal seperti:

  • Kerusakan akibat sinar matahari.
  • Merokok.
  • Polutan udara.
  • Pori-pori tersumbat.

Terlebih lagi, banyak dari kita yang memiliki kebiasaan postur tubuh yang buruk dengan kepala terkulai ke bawah. Ini disebut tech neck (dinamai demikian karena kita menghabiskan waktu menatap ponsel selama berjam-jam dalam sehari). Tech neck tidak hanya menyebabkan nyeri dan kaku leher, tetapi juga dapat menyebabkan garis horizontal di leher.

Mengoleskan serum dan krim anti penuaan pada wajah adalah rutinitas sehari-hari bagi banyak orang, namun leher bisa saja diabaikan.

Padahal kulit di leher lebih tipis dan bahkan lebih sensitif dibandingkan kulit di wajah. Jadi, ini bisa menjadi salah satu tempat pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan.

“Kulit tipis, seperti di leher, memiliki lebih sedikit folikel rambut, sehingga lebih rentan menunjukkan tanda-tanda penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari,” ujar Dr. Khetarpal.

Cara menghilangkan kerutan di leher

Mungkin ada sekitar 80.000 produk berbeda untuk membantu menjaga wajah bebas kerut. Banyak dari produk tersebut dapat juga digunakan untuk mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya di leher.

“Bahan perawatan kulit yang kami rekomendasikan untuk wajah serupa untuk leher dan bagian atas dada karena kulit kita menua dengan cara yang sama. Itu adalah area yang sering terkena sinar matahari,” kata Dr. Khetarpal.

Bahan-bahan tertentu diketahui dapat membantu mengatasi kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan tanda-tanda penuaan lainnya – baik itu garis di sekitar mulut maupun garis leher.

Kuncinya adalah pencegahan. Carilah bahan-bahan yang akan melindungi kamu dari unsur-unsur seperti sinar matahari dan polusi. Dan jika kamu sudah melihat tanda-tanda keriput, lakukan perawatan.

“Tidak ada kata terlambat untuk mulai merawat leher,” dia menyemangati.

Perlu diperhatikan bahwa kerutan di leher tidak merugikan kesehatan. Itu bukan pertanda ada yang salah dengan kulit mu. Namun jika kamu ingin mengubah tampilan kulit, ada solusi yang bisa membantu mengurangi kerutan di leher dan tanda penuaan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com