Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Kering Bisa Menyebabkan Jerawat, Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 10/05/2024, 12:32 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kita sering mengasosiasikan kulit berminyak dengan jerawat, dan pastinya ada korelasi antara keduanya. Namun, kulit kering dan jerawat juga memiliki hubungan, dan kult jenis ini bisa memicu jerawat. 

Jadi apa yang menyebabkannya? Setiap kali kulit kita menjadi tidak seimbang —atau jika pelindung kulit kita terganggu— segala sesuatunya menjadi kacau.

Jika saat ini kamu sedang berjerawat padahal kulitmu kering, hal itu bukan sesuatu yang aneh. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi, dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya?

Mengapa kulit kering menyebabkan jerawat?

Meskipun jenis kulit berminyak dan jerawat saling berkaitan erat, kulit kering juga rentan berjerawat. Kulit kering —yang terlihat dan terasa bersisik, kasar, dan dalam kasus yang parah, memerah atau sensitif— merupakan tanda bahwa kulit kekurangan hidrasi. 

Kulit kering sangat umum terjadi pada bulan-bulan musim dingin karena pemanasan dalam ruangan, berkurangnya tingkat kelembapan, dan angin kencang, tetapi hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Ketika kulit menjadi kering, hal ini dapat menyebabkan kelenjar minyak bekerja berlebihan dan memproduksi sebum tambahan, jelas Aanand N. Geria, DVM, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Geria Dermatology. 

Ini pada dasarnya adalah cara tubuh mengatakan, "Saya melihat kamu membutuhkan kelembapan ekstra. Biarkan saya membantu dan menghasilkan lebih banyak minyak." 

Kombinasi produksi sebum ekstra dan sel kulit mati yang terkelupas inilah yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat, kata Dr. Geria.

Baca juga: Kulit Kering Bukan Jaminan Bebas Jerawat, Ini yang Harus Dipahami

Seperti apa jerawat akibat kulit kering

Jerawat akibat kulit kering akan terlihat sangat mirip dengan jenis jerawat lainnya: benjolan merah yang meradang dan berisi nanah. Untuk membedakannya, lihat bagian kulit yang lain. 

“Jerawat akibat kulit kering seringkali terlihat seperti jerawat biasa, namun latar belakang kulitnya akan bersisik atau terkelupas, kusam, dan secara umum wajah akan terasa terlalu kencang saat mencoba melakukan ekspresi wajah,” ujar Dr. Geria.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa penyebab jerawat tidak selalu jelas. Meskipun kamu mungkin mengalami jerawat karena kulit kering, banyak faktor lain yang dapat memicu timbulnya jerawat, kata Julia T. Hunter, DVM, dokter kulit dan pendiri Wholistic Dermatology.

Faktor-faktor ini dapat mencakup berbagai hal, mulai dari masalah internal —seperti perubahan hormon atau peradangan— hingga penyebab eksternal, seperti produk perawatan kulit yang tidak cocok atau kurangnya pembersihan dan pengelupasan kulit yang tepat, kata Dr. Hunter. Apa pun masalahnya, penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan atau gangguan yang perlu diatasi.

Cara mengobati jerawat akibat kulit kering

Mengatasi jerawat akibat kulit kering memang agak rumit, karena kita harus mengatasi dua masalah sekaligus: kurangnya hidrasi dan jerawat. Banyak perawatan jerawat justru membuat kulit semakin kering, sehingga memperparah masalah.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Kering

Jadi, bagaimana cara mengatasi kekeringan dan jerawat tanpa memperparah kedua kondisi tersebut? “Ini semua tentang menemukan pembersih, pelembab, dan obat topikal yang tepat serta mengubah cara kita merawat kulit,” kata Dr. Geria.

Inilah yang dia sarankan:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com