Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2024, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Minyak rambut punya banyak manfaat untuk mengatasi permasalahan rambut serta kulit kepala serta menjaga kesehatannya. Produk perawatan rambut ini sudah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan dan menjaga keindahan rambut, dilansir dari InStyle. 

Namun demikian, kamu tidak bisa sembarangan memilih produk minyak rambut. Sebelum membeli, simak dulu tips memilih minyak rambut berikut ini dilansir dari InStyle, Indiana Express, dan Healthline. 

Baca juga: 5 Alasan Laki-laki Perlu Pakai Minyak Rambut 

Dr. Pallavi Sule, Dokter Kulit dan Estetika, menjelaskan minyak rambut dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan karena dapat mengurangi penyerapan air. 

“Minyak rambut mengisi celah antara sel-sel kutikula dan mencegah zat agresif memasuki folikel. Ada beberapa minyak mineral dan minyak nabati dengan khasiat berbeda yang digunakan untuk mencegah kerusakan dan mendorong pertumbuhan rambut,” ujarnya dilansir dari Indiana Express. 

Tips memilih minyak rambut 

Ada beberapa tips memilih minyak rambut guna untuk menemukan produk yang tepat untuk rambutmu sehingga kamu bisa memiliki rambut lembut dan berkilau idaman. 

Ilustrasi minyak rambutFreepik Ilustrasi minyak rambut

1. Ketahui masalah rambut

Sebelum memilih produk minyak rambut, kamu sebaiknya mengetahui dengan pasti permasalahan rambutmu. Dengan demikian, kamu bisa mencari produk minyak rambut yang memberikan solusi atas permasalahan rambutmu. 

Kamu bisa mendatangi dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi mengenai masalah rambutmu, serta mendapatkan solusi yang tepat. 

Baca juga: 6 Jenis Minyak Rambut Laki-laki agar Terlihat Basah dan Lemas

2. Lakukan patch test 

Sebelum mengoleskan minyak rambut ke seluruh permukaan kulit kepala, sebaiknya kamu melakukan patch test atau uji reaksi kulit. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari reaksi alergi terhadap kandungan dalam minyak rambut. Caranya cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah. 

Ambil sedikit produk minyak rambut, dan tempel di sebagian kecil area kulit kepala. Diamkan, lalu tunggu reaksi kulit, seperti ruam, gatal, kemerahan, dan sebagainya. 

Biasanya, kulit akan menunjukkan reaksi dalam waktu 24 jam. Dalam jangka waktu tersebut, area tersebut tidak boleh terkena air agar produk tidak hilang. Jika dalam kurun waktu tersebut, kulit menunjukkan reaksi, maka produk tersebut tidak cocok buatmu. 

Sebaliknya, jika tidak ada reaksi maka produk minyak rambut tersebut aman digunakan. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com