Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anti-rambut Singa, Cara Menata Rambut Keriting agar Tidak Mengembang

Kompas.com - 20/05/2024, 08:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebutan “rambut singa” sering disematkan pada orang-orang yang terlahir dengan rambut keriting.

Walhasil, beberapa pemilik rambut keriting menjadi kurang percaya diri dan memilih untuk sering mencatok, bahkan meluruskan rambut mereka secara permanen.

Padahal, rambut keriting tidak selamanya tampak megar dan kering seperti rambut singa. Mereka bisa diatur dengan produk dan styling yang tepat.

Cara menata rambut keriting pun bisa sangat mudah karena hanya menggunakan dua benda, yakni sisir dan kondisioner.

Namun, pastikan rambut dalam keadaan lembab untuk memudahkan penataan rambut.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Keriting agar Tidak Kering dan Kusut

Cara menata rambut keriting

1. Rapikan rambut

Untuk merapikan rambut keriting yang sedang lembab, kamu bisa menggunakan sisir bergigi renggang atau jari. Ketika menyisir, lakukan secara perlahan untuk mencegah kerontokan. Rapikan rambut sesuai dengan belahan yang sudah ada.

2. Gunakan kondisioner

Kondisioner wajib digunakan bagi pemilik rambut keriting. Mereka harus digunakan setelah membilas sampo dan sebelum styling rambut.

Sebab, rambut keriting memiliki tekstur yang lebih kasar daripada rambut bergelombang atau lurus. Dengan menggunakan kondisioner, teksturnya bakal lebih halus. Rambut juga tidak mudah kusut.

Dalam proses styling, tuangkan kondisioner ke telapak tangan. Usap kedua tangan dan oleskan kondisioner ke seluruh batang rambut, tetapi jangan mengenai kulit kepala.

3. Scrunch

Scrunch adalah teknik meremas rambut dengan gerakan dari bawah ke atas. Biasanya, teknik ini digunakan oleh pemilik rambut keriting yang tipenya tidak begitu ikal, yaitu tipe 2a, 2b, dan 2c.

Meski begitu, jenis rambut ikal seperti 3a, 3b, dan 3c, juga cukup sering menggunakan teknik ini untuk semakin mempertegas bentuk rambut mereka.

Scrunching hanya bisa dilakukan ketika rambut lembab telah dilapisi kondisioner atau gel agar bentuk rambut usai scrunching tahan lama.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu memiringkan kepala ke kanan dan ke kiri atau menundukkan kepala. Namun, dua cara ini menggunakan teknik yang sama.

Teknik scrunching dilakukan dengan menaruh tangan di bawah ujung helai rambut. Posisikan tangan dengan telapak menghadap ke atas. Kemudian, angkat telapak tangan dan mulai remas rambut dengan gerakan ke atas.

Lakukan teknik ini selama beberapa saat sampai kamu puas dengan bentuk rambut keritingmu.

Baca juga: 4 Model Rambut Perempuan untuk Rambut Keriting

4. Keringkan pakai udara dingin

Sebaiknya, rambut keriting dikeringkan pakai udara dingin, misalnya pengering rambut dengan mode udara dingin atau kipas angin. Ini untuk memastikan kelembapan rambut terjaga. Bisa pula dikeringkan secara alami.

5. Scrunch kembali

Ketika rambut sudah kering, kamu akan merasakan rambut bertekstur keras seperti dibalut lilin kering. Untuk “memecahnya”, kamu cukup scrunch kembali agar rambut keritingmu yang kini bertekstur halus sedikit bervolume.

6. Jangan disisir

Setelah rambut bervolume, hindari menyisir rambut sampai bentuk keritingnya hilang. Sebab, jika tida, rambut akan mengembang seperti rambut singa.

Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Cara agar Rambut Keriting Tidak Kusut dan Tetap Sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com