Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Rey Nathanael untuk Mengatasi Rambut Rontok dan Patah

Kompas.com - 12/06/2024, 18:18 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rambut rontok dan patah menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh semua orang, khususnya bagi kaum hawa. 

Bahkan kondisi rambut rontok dan patah bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang loh. Namun, apakah mengalami kerontokan rambut adalah hal yang wajar terjadi?

Menanggapi hal tersebut, hair stylist Rey Nathanael menjelaskan bahwa rambut rontok sangat normal terjadi pada manusia. 

“Kalau bicara dari sudut pandang seorang profesional ya, rambut rontok itu normal. jadi enggak mungkin orang sehari itu nggak rontok,” kata Rey Nathanael dalam sebuah talkshow di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Rey Nathanael Beberkan Tips Styling Rambut Rusak agar Tetap Aman

Namun, Rey Nathanael mengungkap batas wajar jumlah rambut yang rontok yaitu sebanyak 50 helai setiap harinya. Jika jumlahnya lebih dari itu, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter karena kemungkinan ada faktor dari gangguan kesehatan.

“Paling banyak itu 50 helai per hari, itu sangat amat normal. Kalau lebih dari itu bisa jadi enggak normal dan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter,” jelasnya.

Menurut laki-laki 29 tahun itu, permasalahan rambut rontok kemungkinan ada keterkaitannya dengan hormon. 

“Karena kalau hormon enggak baik itu larinya ke tiga hal dalam tubuh, yaitu ke rambut, kuku, dan kulit,” jelas Rey Nathanael.

Baca juga: Suhu yang Aman untuk Styling Rambut agar Tetap Sehat

Selain itu, permasalahan rambut patah juga kerap kali dialami oleh perempuan, khususnya yang sering melakukan styling rambut dengan suhu yang panas. 

Rambut menjadi kering dan mudah patah akibat suhu catokan atau alat styling lainnya yang terlalu tinggi. Kerusakan rambut bisa semakin parah apabila kamu tidak menggunakan heat protector sebelum styling rambut.

Rey Nathanael juga menyarankan para perempuan agar rajin membersihkan kulit kepala dengan keramas. Sebab kondisi kulit kepala yang bersih mempermudah pertumbuhan rambut baru.

“Kalau untuk perawatan supaya enggak rontok dan patah itu harus rajin keramasnya. Ini agar kulit kepala bersih dan pertumbuhan rambutnya lebih baik,” tutur Rey Nathanael. 

Tak cuma itu, penggunaan serum juga penting untuk memberikan nutrisi lebih pada batang rambut agar tidak mudah rontok dan patah. Apalagi jika rambut kamu sering di styling dengan suhu yang tinggi. 

“Selain itu kalau kondisi rambut sudah rusak dan kering, bisa diperbaiki dengan serum rambut supaya enggak patah dan kering lagi,” tandasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com