Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2024, 08:36 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Rambut keriting membutuhkan perawatan lebih ekstra dibandingkan rambut lurus dan bergelombang (wavy hair). Apabila salah langkah, rambut keriting berisiko patah, kusut, dan rontok. 

Salah satu pertanyaan yang kerap diajukan adalah, apakah rambut keriting tidak boleh disisir? Tidak heran, sebab menyisir rambut keriting membutuhkan ketelatenan dan teknik yang tepat agar rambut tidak mengembang dan tidak rontok. 

Baca juga: Bolehkah Rambut Keriting Menggunakan Curl Cream Setiap Hari?

Apakah rambut keriting boleh disisir

Ilustrasi perempuan dengan rambut keriting.Pexels / Luan Nunes Ilustrasi perempuan dengan rambut keriting.

Disarikan Kompas.com dari Vogue, Bustle, dan Fashion Journal, rambut keriting tetap boleh disisir. Namun, ada sejumlah teknik menyisir rambut keriting yang perlu diketahui agar rambut tidak mengembang, tidak kusut, dan tidak rontok. 

Ilustrasi perempuan dengan rambut keritingImage by cookie_studio/ Freepik Ilustrasi perempuan dengan rambut keriting

Sisir rambut saat basah 

Menurut para ahli, rambut keriting jauh lebih kering dan lebih keropos dibandingkan jenis rambut lain. Jadi, sebaiknya hindari menyisir rambut keriting dalam kondisi kering, karena lebih rentan kusut dan patah. 

Gesekan akibat tarikan sisir pada rambut kering tersebut dapat menyebabkan rambut mengembang dan pecah-pecah. Jadi, solusinya adalah membasahi rambut sebelum menyisir. 

Banyak ahli menyarankan untuk menyisir rambut keriting setelah keramas atau setelah menggunakan kondisioner tanpa bilas. Sebab, dalam kondisi basah folikel yang bersih dan bebas minyak lebih terbuka sehingga tidak mudah kusut.

Baca juga: Berapa Kali Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting?

Pilih sisir rambut yang tepat 

Pilihan model sisir rambut juga akan mempengaruhi kondisi rambut keriting. Para ahli menyarankan untuk memilih model sisir bergigi jarang atau sikat anti kusut dengan bulu silikon. 

Sebaliknya, hindari sisir bergigi kecil, karena akan menarik helaian rambut. Selain itu, penting untuk memilih bahan sisir tahan air, jadi hindari sisir berbahan dasar kayu atau kain. 

Jangan ragu untuk berinvestasi pada produk sisir yang tepat, meskipun agak menguras kantong karena hal itu akan berdampak pada kesehatan rambut keritingmu. 

Hindari terlalu sering menyisir 

Meskipun menyisir rambut keriting tidak dilarang, namun sebaiknya hindari terlalu sering menyisir rambut. Bahkan banyak penata rambut merekomendasikan hal yang sama. 

Selain menjaga bentuk keriting alami rambut, tidak terlalu sering menyisir rambut keriting juga mencegah kerontokan. Keuntungan lainnya, trik tersebut mengurangi usaha kamu untuk mencuci rambut keriting hingga menatanya. 

Baca juga: Anti-rambut Singa, Cara Menata Rambut Keriting agar Tidak Mengembang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com