Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tipe Orang yang Tidak Pantas Mendapat Kesempatan Kedua

Kompas.com - 18/06/2024, 17:17 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Dalam kehidupan ini, kita sering kali diberikan kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan atau memperbaiki hubungan.

Namun, tidak semua orang layak untuk mendapatkan kesempatan kedua.

Berikut ini delapan tipe orang yang patut dipertimbangkan untuk tidak diberikan kesempatan kedua, karena perilaku mereka yang mungkin tidak pantas.

1. Para pengkhianat serial

Mereka yang telah mengkhianati kepercayaan berkali-kali. Mereka ini bisa menjadi teman, kekasih, atau bahkan rekan kerja yang telah membuat kita merasa terluka dan kecewa berulang kali.

Mereka mungkin meminta maaf setelah ketahuan, namun tindakan mereka berulang kali menunjukkan pola yang sama: mengkhianati kepercayaan.

Baca juga: 9 Tanda Jatuh Cinta pada Orang yang Suka Manipulasi Emosi

2. Manipulator emosional

Mereka yang pandai memanipulasi perasaan orang lain demi kepentingan mereka sendiri. Mereka bisa menggunakan kisah sedih, ancaman bunuh diri, atau kelicikan lainnya untuk mengendalikan situasi dan orang di sekitar mereka.

Tidak hanya berbahaya, tetapi mereka juga menguras energi emosional dan mental orang-orang yang terjebak dalam jaring mereka.

3. Peminta dan pemakan

Mereka yang selalu ada ketika mereka membutuhkan sesuatu darimu, tetapi menghilang atau menolak ketika kamu yang memerlukan bantuan. Mereka menganggap hubungan sebagai transaksi satu arah, di mana kepentingan mereka selalu di atas segalanya.

4. Penghancur diri

Mereka yang tampaknya selalu menemukan cara untuk mengacaukan hidup mereka sendiri, terlepas dari bantuan yang mereka terima.

Mereka mungkin tidak dapat mengelola masalah keuangan, hubungan interpersonal yang stabil, atau bahkan masalah kesehatan mental.

Mereka sering menarik orang lain ke dalam pusaran kekacauan mereka tanpa pernah mengambil tanggung jawab untuk memperbaiki situasi mereka sendiri.

Baca juga: Waspadai, 11 Tanda Pertemanan Toksik yang Tak Boleh Diabaikan

5. Para pembohong abadi

Orang-orang yang tidak pernah bisa berkata jujur adalah salah satu jenis yang tidak pantas untuk diberi kesempatan kedua.

Mereka sering kali membuat janji yang tidak mereka tepati, mengelak dari tanggung jawab, atau bahkan menyesatkan orang lain untuk kepentingan pribadi mereka.

6. Para penindas

Pelaku kekerasan fisik maupun emosional, seperti pelecehan atau kekerasan dalam hubungan, adalah contoh lain dari orang yang tidak layak mendapatkan kesempatan kedua.

Mereka tidak hanya merugikan secara langsung, tetapi juga menunjukkan ketidakmampuan untuk mengendalikan perilaku mereka sendiri.

7. Mereka yang tak pernah meminta maaf

Ada orang-orang yang tidak pernah merasa bersalah atas tindakan mereka, bahkan ketika tindakan tersebut jelas merugikan orang lain. Mereka tidak mau mengakui kesalahan atau menunjukkan penyesalan atas dampak yang mereka timbulkan.

8. Para Narsistik

Individu dengan gangguan kepribadian narsistik cenderung memandang semua hal hanya dari sudut pandang mereka sendiri. Mereka sering kali mengabaikan atau meremehkan perasaan orang lain, tidak peduli dengan konsekuensi dari perilaku mereka.

Baca juga: 10 Tanda Teman Kamu Narsistik, Kata Terapis

@kompas.lifestyle Kalau kamu ingin pakai outfit yang casual sekaligus rapi, outfit cowok bumi ala Refal Hady ini bisa jadi inspirasi nih! Kamu juga bisa ganti itemnya pakai brand favoritmu atau fashion item yang kamu punya di rumah. Yuk cobain!? Kreatif: Devi Pattricia Producer: Nabilla Tashandra #refalhady #menoutfitideas #outfitinspo #cowokbumi #fashion ? MILLION DOLLAR BABY (VHS) - Tommy Richman
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com