Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2024, 15:00 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orang yang memiliki rambut keriting terkadang sulit menerapkan potongan rambut yang sesuai, apalagi jika mengikuti potongan standar di Indonesia yang rata–rata untuk orang berambut lurus.

Kabar baiknya, jika kamu mempunyai rambut keriting dengan tipe coil atau kinks, sudah saatnya kamu memperlihatkan texture asli rambutmu agar menjadi lebih cantik.

Untuk mempertahankan tekstur rambut keriting, kamu perlu memperhatikan perawatan rambut secara konsisten, serta disarankan agar menggunakan produk styling rambut khusus untuk rambut keriting.

"Untuk penataan dan perawatan, pilihlah produk yang dirancang khusus untuk rambut keriting guna mempertahankan pola keritingnya," jelas Linda Miller, seorang beauty expert dan hairstylist dari Inspiring Hairstyles. 

Baca juga: 5 Model Rambut Keriting Pria, Bikin Penampilan Lebih Percaya Diri

Selain itu, pemotongan rambut secara rutin juga sangat penting untuk mencegah ujung rambut bercabang, sekaligus mempertahankan bentuk potongan rambut.

Gunakan juga sisir dengan gigi lebar dapat membantu melepaskan kekusutan rambut tanpa mengganggu pola keriting.

Potongan untuk rambut keriting

Dilansir dari Best Life, empat potongan rambut ini bisa membuat kamu tampil lebih cantik dengan rambut keriting menurut para hairstylist dan beauty expert:

1. Pixie Cut

Ilustrasi pixie hair cut untuk rambut keritingVia Ilustrasi pixie hair cut untuk rambut keriting

Bagi orang dengan rambut keriting dengan rambut panjang memerlukan perawatan ekstra agar pola dan teksturnya tetap terjaga.

Jika ingin perawatan yang minim tapi ingin tetap memperlihatkan pola keriting rambutmu, cobalah potongan rambut pixie.

Pixie cut bisa menjadi pilihan yang menantang, tetapi tetap stylish. Pendeknya potongan rambut ini membuatnya mudah dikelola dan ditata, sementara keriting memberikan tekstur dan volume, menjadikan potongan pixie terlihat cantik" kata Miller.

Baca juga: 4 Rekomendasi Sayur untuk Rambut Sehat, Ada Bayam

Ghanima Abdullah, seorang ahli kosmetik di The Right Hairstyles, setuju bahwa potongan pixie cocok untuk rambut keriting yang membutuhkan sedikit perawatan.

"Dengan potongan undercut, bagian atas yang lebih panjang, dan bagian belakang yang tipis, kita tidak perlu memakai produk rambut terlalu banyak, cukup mencuci dan menambahkan gel atau produk penahan keriting," katanya.

2. Long Layer Cut

Ilustrasi long layer cut untuk rambut keritingVia Ilustrasi long layer cut untuk rambut keriting

Miller mengatakan bahwa potongan ini cocok untuk rambut keriting karena mengurangi volume di bagian bawah dan memberikan penampilan yang lebih seimbang sehingga bentuk rambut lebih terdefinisi.

"Plusnya, potongan ini cocok untuk semua acara dan dapat ditata untuk acara santai maupun formal," katanya.

Abdullah juga memberikan solusi ketika rambut sedang tidak rapi atau frizzy, yaknidengan menggunakan leave in conditioner. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com