Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rahasia untuk Mendapatkan Rambut yang Kuat dan Berkilau

Kompas.com - 24/01/2024, 13:22 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Jika kamu bosan memiliki rambut kusam dan rapuh serta rentan patah, mungkin inilah saatnya mencoba perawatan yang benar. 

Perawatan ini bisa berarti mengubah kebiasaan menata rambut, bereksperimen dengan produk baru, atau menjadikan perlindungan rambut sebagai prioritas utama. 

Dengan beberapa penyesuaian sederhana —dan pengetahuan tentang rahasia mendapatkan rambut kuat dan berkilau— kamu dapat mengubah tidak hanya tampilan rambut tetapi juga kesehatan rambut. 

Faktanya, ada 10 trik yang kurang diketahui untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Apa saja ya?

1. Lindungi dari sinar matahari

Mereka yang sadar akan kesehatan kulit biasanya akan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulitnya saat ingin keluar pada hari yang cerah. Ternyata, penting untuk melakukan hal yang sama pada rambut karena kamu berisiko mengalami kerusakan serius akibat sinar matahari pada helai rambutmu.

“Melindungi rambut dari sinar UVB dan warna dari sinar UVA akan menjaga kekuatan dan kilaunya,” kata Shann Christen, penata rambut selebriti yang berbasis di Beverly Hills dan pendiri BioMethod. 

Untuk itu, ia merekomendasikan produk yang melindungi rambut dari paparan sinar matahari sekaligus menambah kilau dan keindahannya.

Jika kamu keluar rumah tanpa produk pelindung, topi atau payung adalah cara mudah lainnya untuk melindungi rambutmu.

Baca juga: Demi Rambut Indah Berkilau, Hindari 5 Kesalahan Berikut

2. Gunakan masker rambut berkualitas

Rambut memerlukan nutrisi lebih dari yang dapat disediakan oleh produk sehari-hari. Ketika rambutmu menjadi kusam, itu merupakan tanda bahwa kamu membutuhkan masker rambut berkualitas tinggi untuk mengembalikan kilaunya.

“Kondisioner sangat baik untuk penataan rambut secara teratur dan menyegel kutikula, tetapi itu tidak cukup. Menambahkan masker berkualitas dalam rutinitas perawatan dapat menjaga rambut tetap terhidrasi secara menyeluruh,” jelas pendiri HOURS Haircare dan penata rambut MariLynne Cosmillo. 

Bila tidak ingin membelinya, kamu bisa membuat masker rambut dari bahan-bahan yang bisa ditemukan di dapur, seperti beberapa jenis minyak dan buah-buahan.

3. Hindari suhu yang terlalu panas

Alat penata rambut mungkin bisa memberikan hasil yang luar biasa pada penampilan, tetapi alat tersebut juga dapat merusak rambut karena panas yang digunakannya. 

Panas berlebihan dapat membuat helaian rambut rapuh dan kusam seiring waktu. Itu sebabnya Christen merekomendasikan untuk menurunkan suhu alat penata rambut, terutama alat catok pelurus rambut dan alat pengeriting rambut.

"Sebagian besar dari kita memakai panas maksimalpada alat," jelasnya. Sebagai gantinya, stylist merekomendasikan untuk mengatur suhu lebih rendah. “Selalu jaga agar alat tetap bergerak atau berputar, jangan pernah berhenti di satu bagian rambut terlalu lama,” sarannya.

Baca juga: Bikin Rambut Berkilau, Ini Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Buatnya

4. Keringkan rambut dengan hembusan dingin

Selain menurunkan suhu alat penata rambut, ada baiknya juga mengeringkan rambut menggunakan pengaturan "dingin" pada hair dryer, kata Cosmillo. Ini tidak hanya akan mencegah kerusakan jangka panjang tetapi juga memperbaiki penampilan rambut setelah kamu selesai menatanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com