Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menjaga Rambut Panjang Beruban Tetap Sehat Menurut Dermatologis

Kompas.com - 23/01/2024, 18:02 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Ada satu mitos yang tersebar luas di industri kecantikan, yakni kamu harus memotong pendek rambutmu saat memasuki usia paruh baya.

Kesalahpahaman ini muncul karena beberapa alasan. Salah satunya adalah memelihara rambut panjang menjadi lebih sulit setelah mulai beruban. 

Selama proses tersebut, minyak alami rambut berkurang, membuat helaian rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Namun, dengan sedikit perubahan perawatan rambut dan gaya hidup, kita dapat menjaga rambut tetap panjang selama beberapa dekade setelah kehilangan pigmennya. 

Baca juga: 7 Manfaat Membiarkan Rambut Beruban Menurut Stylist

Lalu bagaimana cara terbaik dan paling bergaya untuk menjaga kesehatan rambut beruban yang panjang?

1. Pilihlah sampo dan kondisioner untuk rambut beruban

Kunci menumbuhkan uban panjang adalah menjaganya tetap sehat, dan langkah pertama adalah menggunakan sampo dan kondisioner yang baik.

Rambut beruban bisa menjadi kering dan rapuh seiring berjalannya waktu, jadi menggunakan sampo dan kondisioner yang diperkaya dengan bahan pelembab dapat membantu menjaganya tetap sehat dan tampil terbaik,” kata Anju Methil, MD, dokter kulit dan ahli kosmetik di ClinicSpots.

Jadi, apa yang sebaiknya dipilih? Methil menyarankan sampo bebas sulfat. Bahan kimia dalam sampo dapat menghilangkan minyak alami. 

Cara mudah untuk merawat rambut beruban adalah dengan memilih sampo yang diformulasikan khusus untuk itu. "Sampo ini akan membantu menjaga kecerahan warna rambut sekaligus menutrisi helai rambutmu."

2. Gunakan produk pelembab

Karena rambut beruban umumnya lebih kering, sampo dan kondisioner yang biasa kamu pakai mungkin tidak cukup untuk melembapkannya.

“Carilah masker deep conditioning dan kondisioner tanpa bilas,” kata Rebecca Hilton, MD, dokter kulit di J-Beauty. 

"Untuk perlindungan tambahan dan kilau, gunakan masker rambut mingguan, seperti masker dengan minyak argan, minyak kelapa, atau shea butter." 

Baca juga: Rambut Beruban Dapat Kembali ke Warna Asli, Benarkah?

3. Minumlah vitamin

Menjaga rambut beruban agar tetap sehat membutuhkan lebih dari sekedar rutinitas perawatan rambut. Pilihan gaya hidup juga penting.

“Vitamin C dan antioksidan kuat, membantu melindungi rambut dari kerusakan dan dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat,” kata Methil. 

Vitamin E juga penting untuk kesehatan rambut, karena membantu menutrisi kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi untuk menyediakan oksigen dan nutrisi lain ke folikel rambut. 

Vitamin B kompleks penting untuk menjaga kekuatan helai rambut, sementara seng membantu mendukung produksi minyak yang sehat di rambut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com