Kompas.com - 30/06/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi uban ShutterstockIlustrasi uban

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, helai rambut yang awalnya berwarna hitam, coklat, pirang atau merah, mulai kehilangan ronanya.

Meskipun kondisi ini mungkin tampak seperti perubahan permanen, namun penelitian terbaru mengungkapkan, proses uban ternyata dapat digagalkan, setidaknya untuk sementara.

Petunjuk bahwa uban bisa secara spontan mendapatkan kembali warnanya telah ada sebagai studi kasus terisolasi dalam literatur ilmiah selama beberapa dekade lalu.

Baca juga: 5 Makanan yang Membantu Mencegah Pertumbuhan Uban

Dalam satu makalah tahun 1972 -misalnya, mendiang dokter kulit Stanley Comaish melaporkan pertemuan dengan seorang pria berusia 38 tahun.

Pria tersebut memiliki apa yang dia gambarkan sebagai "ciri yang paling tidak biasa".

Meskipun sebagian besar rambut individu itu semuanya hitam atau putih, tiap helainya terang di dekat ujungnya tetapi gelap di dekat akarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kodisi ini menandakan pembalikan dalam proses uban normal, yang dimulai dari akar.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di eLife, sekelompok peneliti memberikan bukti kuat terkait fenomena ini pada rambut dari sekitar 12 orang dari berbagai usia, etnis, dan jenis kelamin.

Ini juga menyelaraskan pola beruban dan pembalikan ke periode stres, yang menyiratkan bahwa proses terkait penuaan ini terkait erat dengan kesejahteraan psikologis seseorang.

Ralf Paus, selaku penulis studi yang juga dokter kulit di University of Miami mengungkapkan pandangannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.