Kompas.com - 01/06/2021, 11:46 WIB
Ilustrasi makanan sehat shutterstockIlustrasi makanan sehat

KOMPAS.com - Pertumbuhan uban dialami hampir semua orang seiring dengan pertambahan usia. Namun kita bisa mencegah atau memperlambat kemunculannya dengan menjaga pola makan.

Warna rambut ditentukan oleh produksi melanin seseorang. Rambut yang memutih membuktikan tingkat produksi melanin berkurang, salah satunya akibat penuaan.

Sama seperti tanda penuaan lainnya, kita bisa melakukan sejumlah upaya untuk menunda perubahannya. Misalnya saja dengan menjaga pola hidup dan jeli memilih asupan makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa jenis makanan yang mampu memberikan asupan vitamin dan mineral terbaik untuk mecegah pertumbuhan uban. Kita bisa membiasakan diri untuk menikmatinya warna rambut tetap terjaga.

Baca juga: 7 Penyebab Tumbuh Uban Lebih Cepat

Berikut adalah lima jenis makanan yang paling direkomendasikan:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Jeruk

Buah jeruk sudah dikenal mengandung banyak vitamin C yang kaya manfaat untuk tubuh. Namun tak banyak yang menyadari kegunaannya untuk menjaga kilau dan warna asli rambut kita.

Kelly Jones, ahli nutrisi di Philadelphia, Amerika Serikat menyarankan untuk rajin mengonsumsi jeruk sunkist dan mandarin untuk mendapatkan manfaatnya.

"Jeruk ini adalah sumber vitamin C yang sangat penting dalam pengembangan protein kolagen, jaringan ikat yang membentuk sebagian besar tubuh, termasuk rambut," jelasnya.

Baca juga: 9 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Tak Hanya Atasi Batuk

Makanan yang difermentasi mengandung prebiotik sehingga baik untuk sistem pencernaan. Misalnya saja kimchi, tapai, tauco, dan yoghurt.

Jones menjelaskan, usus yang sehat sangat penting untuk rambut karena bakteri organ tubuh ini menghasilkan vitamin B dan biotin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.