Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Selebritas Hollywood dengan Diet "Aneh", Kim Kardashian hingga Beyonce

Kompas.com - 01/05/2024, 21:56 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Para selebritas Hollywood selalu mendapatkan sorotan. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa tak semua yang mereka lakukan dapat kita praktikkan.

Termasuk dalam hal diet atau pola makan. Beberapa selebritas sempat disoroti karena mempraktikkan diet "aneh" yang sebetulnya tidak direkomendasikan oleh ahli gizi atau tidak didukung oleh penelitian.

Baca juga: 4 Hal yang Terjadi Jika Kamu Diet Tanpa Olahraga

Berikut beberapa diet para selebritas Hollywood yang dianggap "aneh" atau tak biasa, sehingga kamu perlu lebih banyak riset jika hendak mengikuti pola makan mereka.

Selebritas Hollywood dengan diet "aneh"

1. Adele

Penyanyi Adele menghadiri BRIT Awards 2022 yang digelar di London pada 8 Februari 2022.AFP/NIKLAS HALLE'N Penyanyi Adele menghadiri BRIT Awards 2022 yang digelar di London pada 8 Februari 2022.

Penyanyi Adele sempat dikabarkan menurunkan bobotnya lewat sirtfood diet, dengan banyak mengonsumsi buah-buahan beri, sayuran hijau, dan wine merah.

Diet ini diklaim dapat membantu menurunkan peradangan, memperlambat penuaan, dan membantu menurunkan berat badan. 

Akibat dikabarkan dipraktikkan oleh Adele, diet inipun populer pada 2019. 

Namun, lebih banyak penelitian dibutuhkan untuk mendukung klaim manfaat dari sirtfood. 

Meski pola diet tersebut dapat dikategorikan sehat, para ahli menyebutkan belum terbukti membantu menurunkan berat badan, seperti dilansir Insider.

Baca juga: Apa Itu Diet Detoks, Bisakah Menurunkan Berat Badan?

Diet itu juga melibatkan pemangkasan asupan kalori hingga 1.000-1.500 kalori per hari, yang menurut para ahli terlalu rendah bagi orang dewasa.

Namun, belum lama ini, penyanyi yang populer dengan lagu "Someone Like You" itu membantah lewat wawancara dengan Vogue dan mengatakan bahwa dirinya tidak mengikuti pola diet tertentu.

Beberapa orang bahkan mengklaim pernah melatih Adele. Hal ini juga sudah dibantahnya.

"Orang-orang itu muncul dan mengatakan pernah melatih saya. Saya bahkan tidak pernah bertemu mereka!" ucap Adele kepada Vogue.

2. Joe Rogan

Presenter dan komedian Joe Rogan ketika hadir dalam event UFC273 di Jacksonville, Florida, AS, 9 April 2022.James Gilbert / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP Presenter dan komedian Joe Rogan ketika hadir dalam event UFC273 di Jacksonville, Florida, AS, 9 April 2022.

Pembawa acara Joe Rogan pernah mengatakan dirinya hanya makan daging dan buah, setelah sebelumnya sempat mengatakan dirinya mengikuti pola makan berbasis hewani.

Sejak saat itu, diet karnivora cukup populer dan banyak dibahas oleh kelompok-kelompok di media sosial, influencer, dan lainnya.

Para pendukung pola diet ini mengatakan bahwa menghentikan semua makanan nabati dan hanya mengonsumsi produk hewani dapat meningkatkan penurunan berat badan, memperbaiki suasana hati, dan menyembuhkan penyakit tertentu seperti gangguan autoimun.

Terkait hal tersebut, para ahli mengatakan mungkin ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan hanya makan daging, yang merupakan sumber kaya nutrisi, terutama jika hal itu membuat seseorang dapat berhenti mengonsumsi makanan olahan yang tak sehat.

Baca juga: 5 Tips Diet Tetap Makan Nasi, Ketahui Cara Masak yang Tepat 

Kendati demikian, penelitian-penelitian tentang pola makan karnivora masih terus berlangsung, termasuk terkait efek jangka panjangnya terhadap kesehatan yang masih belum jelas.

Para ahli mengatakan, hanya makan daging dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan, karena sejumlah penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dari sumber nabati seperti serat dan polifenol dapat melindungi dari penyakit jantung dan kanker.

3. Kim Kardashian

Selebritas Kim Kardashian tiba di Baby2Baby Annual Gala di West Hollywood, Amerika Serikat, pada 12 November 2022.SHUTTERSTOCK/DFREE Selebritas Kim Kardashian tiba di Baby2Baby Annual Gala di West Hollywood, Amerika Serikat, pada 12 November 2022.

Kontroversi seolah tak lepas dari sosok Kim Kardashian, termasuk dalam hal diet.

Diet yang dilakukannya untuk menghadiri Met Gala 2022 menjadi salah satunya.

Para ahli mengkhawatirkan, trik penurunan berat badan yang ektrsem tersebut tidak sehat.

Kim menurunkan bobotnya hingga lebih dari 7 kilogram dalam beberapa pekan saja dengan memangkas konsumsi gula dan karbohidrat. Ia menyebutkan hanya makan sayur-sayuran dan sumber protein.

Ketika menjalani diet tersebut, ibu empat anak itu juga lari di atas treadmill dan menggunakan sauna suit.

Baca juga: Gandeng Swarovski, Kim Kardashian Bikin Bodysuit Bertabur Berlian

Namun, ahli gizi Rachel Hosie mengatakan kepada Insider bahwa penurunan berat badan yang instan kurang baik untuk jangka panjang, karena disebut tidak berkelanjutan dan tidak membantu membakar lemak.

Memangkas karbohidrat dan melakukan kardio memang bisa menurunkan berat badan, tapi kebanyakan di antaranya adalah berat air. 

Selain itu, berat badan juga bisa naik kembali (dikenal sebagai diet yo-yo) dan malah berpotensi membawa dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Para ahli mengatakan, penurunan berat badan yang baik dan sehat adalah sekitar 0,1-1 kilogram per minggu, serta didukung oleh perubahan pola hidup secara keseluruhan.

4. Victoria Beckham

Victoria BeckhamInstagram / @victoriabeckham Victoria Beckham

Eks anggota Spice Girl Victoria Beckham disebut menjalani pola diet yang sama selama lebih dari dua dekade, yakni dengan makan ikan dan sayur-sayuran, menurut sang suami David Beckham.

Hal itu diungkapkan oleh Beckham pada awal 2022. Saat itu, eks bintang Manchester United itu mengatakan dirinya merupakan pencinta kuliner, tapi sang istri "sangat jarang menyimpang" dari pola makan hariannya itu.

Dalam sebuah video TikTok, Victoria kemudian berkelakar dan mengklarifikasi informasi tentang diet ketatnya itu.

Baca juga: Cuka Apel Jadi Andalan Victoria Beckham Jaga Kebugaran

Ibu empat anak itu mengatakan dirinya juga suka mengonsumsi sumber tinggi lemak, seperti alpukat dan kacang-kacangan, serta masih secara rutin minum alkohol.

Secara umum, para ahli gizi mengatakan bahwa mengonsumsi makanan bervariasi dan mengandung berbagai nutrisi setiap harinya tetaplah paling disarankan.

Dengan begitu, kita tidak akan kekurangan nutrisi. Disarankan menyertakan makanan tinggi protein serta sumber sayur dan buah setiap makan.

@kompas.lifestyle Siapa bilang pakai busana wastra nusantara gak bisa tampil trendy. Sini - sini mimin kasih tau cara mix and matchnya biar penampilan kamu makin kece. Disimak videonya ya! Kreatif : Via Furgativa Gumilar Produser : Nabilla Tashandra #mixandmatch #batik #ootd #kaintenun #wastranusantara ? Too Sweet Hozier - Lizzy

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com