Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/06/2024, 17:37 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.comMenyukai seseorang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bagi seseorang dengan kepribadian yang tertutup atau introvert.

Namun, seseorang yang introvert memang lebi tertutup dan tidak pandai mengekspresikan rasanya, terlebih ketika sedang jatuh cinta.

Meskipun telah berusaha keras untuk menarik perhatian orang yang mereka sukai, kita mungkin masih akan kesulitan membedakan sikap introvert ketika jatuh cinta.

Baca juga: 8 Ciri-ciri Orang Introvert Jatuh Cinta yang Mungkin Tak Terduga

Namuna da tanda-tanda halus yang bisa kita lihat ketika seorang introvert kasmaran. Dilansir dari hackspirit.com ini dia bahasa tubuh yang menandakan seorang introvert sedang menyukai seseorang.

Tanda introvert jatuh cinta

1. Sering mencuri pandang

Pengelihatan sering dianggap sebagai panca indera yang paling penting,. Ketika sedang jatuh cinta atau menyukai seseorang, kita pasti akan mencuri pandang ke orang disukai, tak terkecuali dengan orang yang introvert.

Ronald E. Riggio Ph.D., Profesor Kepemimpinan dan Psikologi Organisasi Henry R. Karvis, juga menyetujui hal tersebut.

“Menatap langsung ke mata seseorang dan melakukan kontak mata lebih lama dari biasanya, dapat mengindikasikan seseorang mempunyai ketertarikan,” ujarnya

Masalahnya introvert sering kali terlalu pemalu untuk melakukan kontak mata yang cukup lama, seringkali mereka akan mengalihkan pandangannya dengan cepat.

2. Berusaha selalu dekat

Ketika menyukai seseorang, secara otomatis kita akan tertarik mendekatinya, baik dengan duduk di sampingnya, menyentuh lengannya dengan lembut saat tertawa, atau mencondongkan tubuh ke arahnya saat sedang berbicara.

Begitu juga dengan orang introvert, namun pergerakan mereka akan lebih halus dalam hal ini.
Mereka mungkin tidak akan secara terang-terangan mengajak berkencan, tetapi akan selalu mencari alasan untuk mengerjakan proyek yang sama, masuk kelompok yang sama denganmu, atau duduk di meja yang sama.

Baca juga: 9 Kesalahan Orang Introvert dalam Menjalin Hubungan Asmara

3. Menjadi lebih terbuka

Introvert dikenal dengan sifatnya yang tertutup karena baterai sosial mereka yang cukup lemah. Mereka secara tidak sadar menjadi lebih tertutup pada orang lain sebagai bentuk penenangan diri.

Namun, jika seorang introvert sedang menyukai seseorang sikap mereka akan lebih terbuka karena ingin mengenal lebih jauh tentang dirimu dan mereka ingin kamu lebih mengenalnya.

4. Tertawa lebih banyak dari biasanya

“Humor dianggap sebagai salah satu sifat penting dalam diri pasangan romantik. Penelitian menunjukan mereka yang memiliki selera humor yang tinggi dianggap lebih menarik dibandingkan orang yang cerdas,” kata psikolog Aaron Ben-Zeev Ph.D.

Oleh karena itu, sangat masuk akal jika orang yang menyukai kamu akan tertawa mendengar lelucon yang kamu lontarkan meskipun tidak terlalu lucu. Hal tersebut juga berlaku bagi introvert.

Walaupun introvert biasanya tahan terhadap humor, mereka akan bersikap berbeda dengan orang-orang yang mereka sukai, menunjukkan minat mereka melalui candaan, berbagi lelucon, dan tertawa bersama.

Baca juga: 6 Keuntungan Punya Pasangan Introvert, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com