Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Coba Serum Vitamin C tapi Takut Tak Cocok? Ini Saran Dokter

Kompas.com - 18/06/2024, 16:16 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Vitamin C menjadi salah satu kandungan yang dipercaya mampu mencerahkan kulit secara efektif. Kandungan tersebut juga dapat menyamarkan noda-noda pada kulit wajah.

Namun, bagi mereka yang tidak cocok, penggunaan serum vitamin C bisa menjadi malapetaka. Sebab pada sebagian kasus serum vitamin C bisa menyebabkan kulit menjadi breakout dan kemerahan.

Dokter kulit Claudia Christin, MBBS, Ph.D memberikan saran bagi para pemula maupun pemilik kulit sensitif yang ingin mencoba menggunakan serum vitamin C untuk pertama kali.

Baca juga: Apakah Vitamin C Bisa Mengobati Jerawat?

Jangan pilih serum vitamin C murni

Claudia mengungkap bahwa ada banyak sekali jenis-jenis dari vitamin C. Salah satu yang paling banyak digunakan yaitu vitamin C murni yang bernama L-ascorbic acid.

Sebagian orang tidak cocok memakai vitamin C murni ini, alhasil muncul breakout, merasakan sensasi panas, dan reaksi lainnya. 

Karenanya Claudia menyarankan para pemula atau pemilik kulit sensitif untuk menggunakan jenis vitamin C turunan, seperti ethyl ascorbic acid atau etil asam askorbat.

“Itu juga bisa jadi pilihan buat orang-orang yang enggak cocok pakai vitamin C yang pure. Kalau turunan dari vitamin C lebih lembut dan aman untuk kulit sensitif,” kata Claudia kepada Kompas.com saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Kamu bisa coba serum dengan kandungan turunan vitamin C dengan persentase yang rendah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melihat reaksi kulit terhadap penggunaan vitamin C.

Baca juga: Kiat-kiat Pakai Skincare di Usia 30-an, Vitamin C Penting

“Buat orang yang baru mau coba pakai serum vitamin C atau kulitnya sensitif, sebaiknya jangan langsung pakai serum yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Bisa dimulai dari 5 persen itu udah cukup sebetulnya,” ujarnya.

Jika kulit sudah beradaptasi dengan vitamin C dan tidak ada reaksi alergi, maka kamu bisa menambah persentasenya secara bertahap. 

Pengguna serum vitamin C wajib pakai sunscreen 

Menurut Claudia, salah satu hal yang tak boleh ketinggalan saat menggunakan vitamin C di pagi hari yaitu penggunaan sunscreen. Vitamin C akan bekerja lebih maksimal untuk melindungi kulit dengan bantuan sunscreen.

“Kalau di pagi hari, setelah penggunaan serum vitamin C itu wajib pakai sunscreen ya. Pilih sunscreen yang minimal SPF 30,” jelas Claudia.

Baca juga: Kapan Anak Perlu Mulai Pakai Skincare Wajah?

Lebih lanjut, Claudia mengimbau untuk tetap mengaplikasikan kembali sunscreen setiap 2-3 jam sekali dan setelah beraktivitas yang menghasilkan banyak keringat. 

“Kalau misalnya habis beraktivitas yang berkeringat, itu harus langsung segera di re-apply, karena proteksi sunscreennya pasti menurun, kecuali jenis sunscreennya yang water resistant,” tandasnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com