Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Rapunzel Merawat Rambut Panjangnya, Sederhana tapi Perlu Waktu

Kompas.com - 05/06/2024, 14:14 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Jasmine Larsen bukanlah seorang putri yang dikurung di menara seperti kisah dongeng Rapunzel, tetapi ia memiliki kemiripan dengan tokoh itu berkat rambutnya yang panjangnya hampir 150 cm. 

Dijuluki “Rapunzel dalam kehidupan nyata”, Larsen yang berasal dari Inggris telah menghabiskan tujuh tahun terakhir menumbuhkan rambutnya hingga panjangnya mencapai 145 cm menggunakan bahan murah yang dapat ditemukan di banyak supermarket. 

Dia mengandalkan bahan yang tidak terlalu rahasia untuk merawat rambutnya, yakni rosemary. 

“Minyak rosemary meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala,” kata wanita kelahiran Bristol ini, sambil menambahkan bahwa kunci lain kesuksesan rambutnya juga ditemukan dari minyak kelapa.  

“Minyak kelapa mengurangi hilangnya protein saat kita mencuci rambut,” tambahnya. 

Baca juga: Minyak Rosemary bisa Tumbuhkan Rambut, Benarkah?

Dan, meskipun si rambut merah ini dengan senang hati membagikan formula rahasianya kepada mereka yang ingin memiliki rambut panjang, dia memperingatkan bahwa rambutnya ini membuatnya menerima banyak permintaan dari para penggila fetish — termasuk pria yang menawarkan untuk membayar ribuan dollar demi potongan rambut panjangnya. 

“Saya ditawari 300.000 dollar AS untuk menjual rambut saya, dan saya berkata 'Tidak.'” ungkap Larsen, yang belum pernah memotong rambutnya sejak 2017, dalam wawancara Instagram baru-baru ini. “Permintaan aneh lainnya datang dari seorang pria yang meminta saya agar pasangan saya mengikat rambut saya dan memfilmkannya.”

Fantasi NSFW tampaknya sejalan dengan penelitian pada bulan Maret 2024 yang dilakukan oleh para sarjana Korea Selatan, yang menemukan bahwa pria sering kali lebih tertarik secara seksual kepada wanita dengan rambut panjang. Tampaknya itu menandakan “feminitas.” 

Di luar permintaan aneh para lelaki, 171.000 pengikut Larsen di media sosial juga secara teratur mengunjungi profil media sosialnya untuk mengetahui cara perawatan rambut. 

Salah satu halaman paling dminati adalah bagaimana Larsen membagikan tips merawat rambut panjang lewat perawatan kulit kepala menggunakan minyak rosemary dan semprotan air rosemary.

Dia pertama-tama mencampurkan minyak kelapa, 3 hingga 5 tangkai rosemary, dan daun mint segar ke dalam panci berisi air mendidih. Ia kemudian membiarkan campuran itu mendidih selama 5-10 menit sebelum didiamkan selama satu jam. 

Larsen lalu menyaringnya dan memasukkan cairan kental sisanya ke dalam botol.

Untuk membuat semprotan air rosemary, ia mencampurkan daun tanaman itu ke dalam air mendidih, dan mengoleskannya dua kali sehari setelah dingin.

Baca juga: Memiliki Rambut Panjang Rentan Alami Kerontokan, Benarkah?

Namun, dia jauh lebih teliti dalam memijat dengan minyak. Larsen rutin mengoleskan minyak buatannya ke kulit kepala untuk mendapatkan manfaat optimal. Dia membiarkan minyak meresap ke dalam ambut dan kulitnya sebelum keramas.

"Rapunzel" juga mengoleskan campuran tersebut ke seluruh tubuhnya setiap hari, menyebutnya sebagai "perawatan sebelum mandi".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com