Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber Makanan Kaya Vitamin E untuk Rambut Panjang dan Sehat

Kompas.com - 07/11/2023, 18:55 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stres harian, kebiasaan makan yang buruk, tidur tidak teratur, dan gaya hidup yang tidak aktif seringkali membuat kita sulit menjaga kesehatan rambut.

Meskipun faktor genetika menentukan ketebalan, panjang, dan kualitas rambut secara umum, tidak ada salahnya menambahkan bahan-bahan bergizi seperti vitamin E untuk mengatasi masalah terkait rambut yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi.

Mengapa vitamin E dianggap sebagai solusi ajaib untuk kesehatan rambut?

Vitamin larut dalam lemak yang kaya antioksidan ini disebut mampu membatasi kerusakan akibat radikal bebas dan mendukung pertumbuhan sel baru pada rambut.

Karenanya vitamin E kerap digunakan sebagai komponen penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit oleh industri kosmetik dan ahli gizi.

Efek pelembab alami vitamin E pada kulit kepala bertindak sebagai kondisioner alami yang membatasi kerusakan dan menjaga kilau batang rambut.

Baca juga: Tak Cuma untuk Kulit, Kenali Apa Saja Manfaat Vitamin E

Laporan Redoks yang diterbitkan pada tahun 2016 menyatakan bahwa vitamin ini, jika ditambahkan ke dalam makanan, dapat mengurangi stres oksidatif, suatu kondisi yang berhubungan dengan kerontokan rambut.

Demikian pula, penelitian yang diterbitkan dalam Tropical Life Sciences Research pada tahun 2010 menemukan hubungan antara tokotrienol yang ditemukan dalam vitamin E dan pertumbuhan rambut.

Meskipun perawatan topikal vitamin E sangat populer, kebiasaan makan sehat sehari-hari juga penting dalam menjaga kesehatan rambut. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memasukkan makanan yang mengandung vitamin E ke dalam menu.

Tanda-tanda kekurangan vitamin E

Orang dewasa membutuhkan setidaknya 15mg vitamin E dan wanita menyusui membutuhkannya hingga 19mg per hari untuk hidup sehat. Mengonsumsi lebih sedikit nutrisi ini dari jumlah yang disarankan menyebabkan kekurangan vitamin E.

Tanda-tanda awal dari kondisi tersebut termasuk kesulitan berjalan, nyeri otot kronis, gangguan penglihatan, dan rambut rapuh.

Baca juga: 9 Makanan yang Disarankan untuk Rambut Sehat dan Tebal

Lalu apa saja makanan yang bisa menjadi sumber vitamin E?

Ilustrasi vitamin e.Shutterstock/Tatjana Baibakova Ilustrasi vitamin e.

Enam makanan kaya vitamin E teratas

Minyak bibit gandum

Satu sendok teh minyak gandum mengandung 135% Nilai Harian (DV) vitamin E, menurut Healthline. Minyak ini bisa ditaburkan pada salad atau makanan. Namun, individu dengan alergi gluten sebaiknya menghindarinya.

Selain itu, minyak dedak padi, minyak safflower, dan minyak biji anggur juga mengandung banyak nutrisi ini.

Alpukat

Sekitar 100 gram buah alpukat mengandung 14% vitamin E DV. Makanan yang sangat populer dan dipuji sebagai buah ajaib dalam beberapa tahun terakhir ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com