Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Hair Stylist di Salon Membelah Rambut Sebelum Mencatok?

Kompas.com - 17/05/2024, 20:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika pergi ke salon untuk mencatok rambut, kamu mungkin memerhatikan sang penata rambut (hair stylist) membelah dan membagi rambutmu (hair sectioning) menjadi beberapa bagian.

Ada yang membelah dan membagi-bagi rambut bagian belakang terlebih dulu, ada pula yang mendahulukan rambut bagian depan.

Rupanya, ada alasan di balik persiapan ini sebelum para penata rambut mencatok rambut klien.

Training Manager Dyson Indonesia, Alia Karina, menjelaskan bahwa teknik pemisahan dan pembagian rambut memudahkan para penata rambut bekerja.

"Iya, betul (untuk mempermudah proses pencatokan)," kata dia dalam acara launching alat pencatok rambut Dyson Airstrait di Pondok Indah Mall 3, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024).

Dalam proses mencatok rambut, penata rambut memang bisa melakukannya tanpa melakukan hair sectioning.

Kendati demikian, prosesnya bakal mengganggu area lain yang sedang tidak dikerjakan. Misalnya saja, ada bagian rambut di area lain yang terlilit kabel catokan atau catokan itu sendiri.

Alia sering melakukan hair sectioning ketika rambut kliennya masih basah. "Jadi, (mencatok) satu bagian satu waktu. Biasanya, sebelum saya mulai, ketika rambut masih basah, saya akan melakukan section," tutur Alia.

"Saya ambil bagian-bagian yang ingin saya kerjakan dulu. Lalu, saya akan kerjakan bagiannya. Itu lebih memudahkan (pencatokan) dan hasil lebih rapi," lanjut dia.

Sebagai informasi, Alia menggunakan Dyson Airstrait sehingga catokan tidak akan rusak saat meluruskan rambut yang masih basah.

Rambut pun tidak akan rusak saat dicatok karena Dyson Airstrait tidak memiliki pelat panas (hot plates) melainkan teknologi yang mengeluarkan udara laiknya pengering rambut (hair dryer).

Alat ini juga memiliki fitur khusus pencatokan dengan metode wet to dry, sehingga suhu udara yang dikeluarkan tidak terlalu panas.

Dengan kata lain, kamu bisa mengeringkan rambut sekaligus mencatoknya dalam satu waktu menggunakan satu alat saja.

Saat ini Dyson Airstrait sudah dijual di Indonesia dan tersedia dalam dua pilihan warna, Prusian Blue dan Rich Copper.

Harga Dyson Airstrait adalah Rp 9,2 jutaan. Untuk pembelian, kamu bisa memesannya di situs atau toko daring resmi mereka, atau Dyson Demo Store di Pondok Indah Mall 3.

Baca juga: 6 Tips Menata Rambut Setelah Temukan Kerontokan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com