Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf Gen Z, Gaya Belah Samping Milenial Kembali Jadi Tren

Kompas.com - 01/06/2024, 14:14 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Belum lama ini banyak Gen Z menyatakan di media sosial bahwa belahan rambut menyamping membuat kita tampak tua karena gaya milenial itu dianggap sudah ketinggalan jaman.

Namun gaya itu sepertinya kembali lagi dan diadopsi para selebriti.

Adapun gaya belahan samping --bersama skinny jeans, kaus kaki no-show, dan ciri lainnya-- dianggap sebagai petunjuk generasi milenial. Tetapi gaya rambut tersebut tampaknya dihidupkan kembali, dengan banyak selebritas yang tampil menata rambutnya ke samping.

Belahan rambut menyamping kembali hadir secara besar-besaran karena tampilannya yang chic, seksi, dan tidak akan pernah ketinggalan zaman,” kata penata rambut selebriti Valery Joseph dari Valery Joseph Salons kepada NY Post. 

“Gaya ini cocok pada semua bentuk wajah dan secara alami memberikan lebih banyak volume di bagian tengah rambut.”

Baca juga: 6 Gaya Rambut buat Cewek Kurus Agar Wajah Tampak Lebih Berisi

foto editan Selena Gomez menghadiri Met Gala 2023Repro bidik layar via Twitter foto editan Selena Gomez menghadiri Met Gala 2023
Beberapa selebriti papan atas telah tampil dengan belahan samping di acara-acara besar seperti Festival Film Cannes, Emmy, Golden Globes, dan bahkan Rihanna memakainya pada perayaannya untuk Fenty Beauty Soft'Lit Foundation.

Selena Gomez, Léa Seydoux, Aubrey Plaza, Zoe Saldana, Victoria Justice, Jane Fonda, Kirsten Dunst, dan Greta Gerwig semuanya memilih gaya rambut menyamping pada tahun 2024 — dan selebritis Gen Z tampaknya mengikuti tren dari rekan milenial mereka.

Zendaya menyisir rambutnya ke samping di sebagian besar tur persnya untuk “Challengers,” Kylie Jenner baru-baru ini juga melakukannya, Rosé dari Blackpink juga bereksperimen dengan belahan samping yang dalam — dan begitu pula selebritis Gen Z yang terkenal: Olivia Rodrigo, yang tidak lagi membelah tengah rambutnya di Grammy tahun ini.

“Banyak klien muda saya, termasuk Generasi Z, yang mengikuti tren baelahan samping,” ujar penata rambut selebriti Dimitris Giannetos, yang bekerja dengan Gigi Hadid dan Dixie D’Amelio. “Entah apakah penggunaan gaya ini dilebih-lebihkan, tidak dapat disangkal bahwa hal itu kembali terjadi.”

Baca juga: 7 Tren Gaya Rambut Wanita di Tahun 2024

Rose Blackpink dalam sebuah acara fan signing, (25/9/2022).WIKIMEDIA COMMONS/BTSPURPLEGALAXY Rose Blackpink dalam sebuah acara fan signing, (25/9/2022).
Penata rambut Tom Smith mengatakan bahwa belahan rambut menyamping akan menjadi tren rambut yang besar - dan pemilihangarisnya akan terus "bergerak semakin jauh ke samping".

Gen Z tampaknya memiliki ketertarikan untuk menghadirkan kembali tren gaya milenial, seperti celana tanpa kancing, bra terbuka, tanpa bra, jort, gaun di atas jeans, dan pakaian dalam sebagai pakaian luar — dan beberapa orang di TikTok mengklaim bahwa “2024 seperti 2014”.

Jika kamu khawatir terlihat seperti anak sekolah menengah dengan belahan samping, Giannetos menyarankan untuk “menambahkan tekstur dengan ombak pantai atau memilih tampilan yang ramping dan halus.”

“Saya selalu merekomendasikan bermain dengan aksesoris seperti klip atau pita untuk sentuhan ekstra,” katanya. “Jangan takut untuk bereksperimen dengan sudut dan kedalaman berbeda untuk mendapatkan kesan segar dan personal."

Sosialita Kylie Jenner menghadiri Met Gala 2023 di Metropolitan Museum of Art, New York City, Senin (1/5/2023). AFP/ANGELA WEISS Sosialita Kylie Jenner menghadiri Met Gala 2023 di Metropolitan Museum of Art, New York City, Senin (1/5/2023).
Beberapa orang bahkan mungkin menganggap belahan samping lebih cocok untuk wajah — atau kepercayaan diri mereka.

“[Belahan samping] bagus untuk mereka yang lebih menyukai satu sisi wajah dibandingkan sisi lainnya, atau yang memiliki rambut lebih halus dan ingin menciptakan ilusi ketebalan,” kata Smith.

Namun Joseph mengatakan bahwa gaya belahan samping juga hadir dengan aspek fungsional – cocok untuk musim panas ketika suhu meningkat.

“Agar tetap segar, saya sering meminta klien untuk membalik arah rambut mereka dari satu sisi ke sisi lain sepanjang hari karena ini akan mengatur ulang volumenya,” kata Joseph. “Selain itu, untuk musim panas, belahan samping sangat cocok karena sering kali memberikan tampilan yang kasual.”

Baca juga: Anya Taylor-Joy Buktikan Rambut Belah Samping Belum Ketinggalan Zaman

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com