Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2023, 06:36 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ketombe adalah masalah pada  kulit kepala yang disebabkan oleh serpihan kulit mati yang kering dan berwarna putih. Biasanya, ketombe disertai dengan rasa gatal.

Tentu saja hal ini akan memengaruhi penampilan serta aktivitas sehari-hari.

Penyebab ketombe beragam, termasuk kulit kepala yang berminyak dan teriritasi, kurangnya kelembaban pada kulit dan rambut, pertumbuhan jamur malassezia, dermatitis kontak, serta kurangnya perawatan kebersihan.

Salah satu cara mengatasi ketombe di rumah adalah dengan memanfaatkan minyak pohon teh atau tea tree oil. Minyak ini mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang berpotensi membantu meredakan luka ringan serta mengontrol ketombe.

Kekuatan pelembab dan sifat antijamur yang dimiliki oleh tea tree oil membuatnya menjadi pilihan yang efektif untuk mengurangi penyebab ketombe.

Baca juga: Tips Melawan Ketombe dan Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Manfaat tea tree oil untuk ketombe

Mengurangi pertumbuhan jamur yang berlebihan di kulit kepala

Malassezia adalah jenis jamur yang mirip dengan ragi dan biasanya ada di kulit kepala setiap orang dalam jumlah yang terkontrol. Namun, pada beberapa orang, pertumbuhan malassezia bisa menjadi lebih banyak dari biasanya.

Ini bisa disebabkan oleh kebersihan yang kurang baik, seperti jarang keramas, atau mungkin terkait dengan kondisi medis tertentu. Hasilnya, ketombe bisa muncul.

Sebuah penelitian menunjukkan sampo yang mengandung 5 persen tea tree oil mampu mengurangi ketombe yang diakibatkan oleh jamur malassezia.

Namun, reaksi individu dapat bervariasi dan jika ketombe terus berlanjut atau semakin buruk, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk penanganan yang lebih lanjut.

Baca juga: 5 Penyebab Ketombe Paling Umum, Bukan Cuma karena Salah Sampo

Mengurangi rasa gatal dan gejala ketombe lainnya

Tea tree oil bisa membantu mengurangi rasa gatal karena kelebihan minyak pada kulit atau perubahan pada kulit kepala yang ditimbulkan oleh ketombe.

Hasil penelitian menunjukkan sampo yang mengandung tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan mikroba sebesar 78 persen.

Penggunaan tea tree oil yang bisa dicoba untuk mengatasi ketombe

  • Gunakan sampo yang mengandung 5 persen tea tree oil.
  • Tambahkan lima sampai sepuluh tetes minyak esensial tea tree ke dalam botol sampo andalan kita lalu kocok. Pijat ke kulit kepala dengan lembut dan bilas hingga bersih
  • Buatlah sampo tea tree oil sendiri dengan Resep ini menggunakan minyak zaitun, minyak vitamin E, santan, air yang telah disaring, dan soda kue, serta tea tree oil.

Baca juga: 6 Kebiasaan Penyebab Ketombe Sulit Hilang

Efek samping

Menurut Poison Control, penting untuk diingat bahwa tea tree oil bisa beracun jika tertelan, jadi jangan menggunakannya di kulit sekitar mulut. Pastikan juga untuk menghindari kontak tea tree oil dengan mata saat digunakan pada kulit kepala.

Jika tanpa sengaja terkena mata, bilas dengan air hangat dan konsultasikan dengan dokter jika mata terasa iritasi atau merah.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan tea tree oil terlalu kuat secara langsung pada kulit kepala juga bisa menyebabkan iritasi atau rasa gatal.

Hasil penelitian di Australia mengungkapkan bahwa sejumlah kecil orang bisa mengalami alergi terhadap tea tree oil.

Oleh karena itu, lakukan uji coba dengan menempelkan sedikit minyak esensial atau produk yang mengandung tea tree oil pada kulit kepala sebelum penggunaan yang lebih luas.

Baca juga: 4 Manfaat Tea Tree Oil untuk Hilangkan Jerawat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com