Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2022, 07:59 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain sebagai pelengkap masakan, seledri dikenal sebagai sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.

Manfaat seledri untuk rambut ini bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi berbagai bagian seledri, mulai dari batang, daun, hingga biji seledri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat seledri untuk kesehatan rambut.

  • Mencegah munculnya uban

Manfaat seledri bagi rambut yang pertama adalah mencegah munculnya uban.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, disebutkan bahwa saat rambut kekurangan vitamin, warnanya bisa memudar dan berubah memutih.

Selain itu, jus seledri juga bermanfaat dalam membuat akar rambut kembali segar, membuatnya terlihat lebih berkilau dan hidup.

  • Mempercepat pertumbuhan rambut

Mempercepat perrtumbuhan rambut juga menjadi manfaat seledri lainnya.

Dikutip dari International Journal of Current Medical Science, ditemukan bahwa ekstrak daun seledri dan daun mangkokan mampu mempercepat pertumbuhan rambut, layaknya hair tonic di pasaran.

Baca juga: 7 Manfaat Seledri, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

  • Mengurangi ketombe

Manfaat daun seledri lainnya adalah membantu mengurangi ketombe.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Kimia Riset, disebutkan bahwa essential oil dari ekstrak seledri yang dioleskan ke rambut mampu melawan bakteri Pityrosporum ovale penyebab ketombe.

  • Mengatasi psoriasis di kulit kepala

Psoriasis adalah salah satu kondisi kulit yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dengan cepat di permukaan kulit, termasuk kulit kepala.

Penumpukan tersebut menghasilkan bercak-bercak merah keperakan yang terasa gatal dan bisa menimbulkan luka jika terus digaruk.

Lantas, apa hubungannya dengan manfaat seledri?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Evidence Based Complementary & Alternative Medicine menemukan bahwa ekstrak biji seledri mampu mengatasi penyakit kulit kronis, termasuk psoriasis.

Penelitian yang sama juga menemukan bahwa daun dan batang seledri memiliki antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun, yang diyakini sebagai salah satu penyebab psoriasis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com