Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2023, 17:21 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Seperti jerawat di bagian wajah lainnya, jerawat di dahi juga bisa menjadi gangguan yang besar, terutama bagi penampilan.

Meskipun jerawat dapat bervariasi, dari jerawat yang sesekali muncul, hingga jerawat yang dalam dan kistik secara konsisten, mengobatinya hampir selalu menjadi tantangan.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi jerawat di dahi dan memastikan jerawat tidak akan kembali.

Dikutip dari laman Byrdie, para ahli dermatologi pun menjelaskan lebih lanjut mengenai jenis, penyebab, hingga cara mengatasi jerawat di dahi sebagai berikut.

Jenis-jenis jerawat di dahi

Karena jerawat adalah hasil dari pori-pori yang tersumbat, gejala jerawat dapat muncul di mana saja, terutama di bagian dahi.

"Selama masa remaja, dahi sering kali menjadi salah satu area pertama yang berjerawat," kata dokter spesialis kulit dan Presiden Amarte Skincare, Dr Craig Kraffert.

"Ini juga sering menjadi salah satu area pertama yang akan hilang seiring dengan perkembangan remaja," ungkapnya.

Baca juga: 6 Kesalahan Pakai Make Up yang Bisa Picu Jerawat

Namun, beberapa jenis jerawat cenderung muncul di dahi lebih sering daripada yang lain, seperti:

Komedo: Bintik-bintik kecil yang dikenal sebagai komedo hitam dan komedo putih.

"Jerawat memiliki banyak jenis, dan jenis jerawat yang kita lihat tergantung pada kemampuan seseorang untuk memproduksi minyak," terang dokter spesialis kulit dan pendiri Visha Skincare, Dr Purvisha Patel.

"Biasanya jenis yang terlihat di dahi disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat, sehingga lebih banyak komedo putih yang terlihat di sana," jelasnya.

• Papula: Meskipun komedo putih mungkin merupakan gejala jerawat yang lebih umum terlihat di dahi, jerawat merah yang terangkat juga diketahui muncul di area tersebut.

"Papula inflamasi (yang merupakan benjolan merah) dan pustula (yang merupakan benjolan merah dengan pusat putih) lebih jarang terjadi dibandingkan komedo," kata Dr Craig.

Milia: Secara teknis bukan jerawat meskipun sering disalahartikan sebagai jerawat, milia terkadang juga dapat terbentuk di dahi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com