Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2023, 18:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan, di mana pun kemunculannya, terutama di area dada.

Tetapi, karena kulit tubuh lebih tebal daripada kulit wajah, maka kita memerlukan cara-cara yang berbeda dalam mengatasi masalah jerawat di dada.

Dilansir dari laman InStyle, para ahli dermatologi pun menjelaskan lebih lanjut mengenai penyebab jerawat di dada, serta kiat-kiat membersihkannya sebagai berikut.

Penyebab jerawat di dada

Beberapa faktor berkontribusi terhadap serangan jerawat di dada.

Sebagian besar, jerawat di dada diakibatkan oleh kombinasi bakteri penyebab jerawat, sebum berlebih, pori-pori tersumbat, dan peradangan yang menyebabkan pembentukan lesi jerawat.

Namun, pengaruh lain juga dapat berkontribusi terhadapnya.

"Jerawat di dada sangat umum terjadi. Baik pria maupun wanita dapat mengalami jerawat di dada sejak pra-remaja hingga dewasa," terang seorang ahli dermatologi kosmetik dan medis di New York, AS, Dr Blair Murphy-Rose, MD.

Baca juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Leher

Ia mengatakan, jerawat dada adalah jerawat inflamasi yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan bakteri (P. acnes), yang menyebabkan peradangan pada kulit.

"Banyak orang yang secara genetik cenderung berjerawat, sebagian didorong oleh hormon androgen," ungkapnya.

Faktor-faktor lain yang memperparah jerawat di dada termasuk produk perawatan kulit yang menutup, berkeringat, obat-obatan tertentu, suplemen, makanan, dan stres.

Selain itu, keringat berlebih yang dihasilkan dari olahraga berat, cuaca, atau produksi sebum alami tubuh adalah alasan umum mengapa kulit di dada lebih cenderung berjerawat.

Menurut ahli dermatologi di New York, AS, Dr Brendan Camp, MD, mereka yang aktif secara fisik, banyak berkeringat, mengenakan pakaian ketat yang menyebabkan gesekan, atau memiliki kulit berminyak atau berjerawat secara alami mungkin lebih rentan terhadap jerawat di dada.

Tanpa diketahui banyak orang, produk rambut juga dapat menyebabkan jerawat dada.

"Jika rambut kita panjang dan tepat mengenai dada, bahan-bahan dalam produk rambut bisa menyebabkan jerawat dada," tambah Dr Loretta Ciraldo, MD, seorang ahli dermatologi dan pendiri Dr Loretta Skincare.

Baca juga: Kebiasaan Keramas Picu Munculnya Jerawat di Punggung, Benarkah?

Seperti apa jerawat di dada?

Sebagian besar jerawat yang muncul di area dada adalah benjolan kecil, merah, dan meradang yang dapat memiliki komedo putih di atasnya atau tidak memiliki komedo sama sekali.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com