Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Produk Skincare yang Cocok untuk Anak Sesuai Usianya

Kompas.com - 06/01/2024, 13:10 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rutinitas perawatan kulit bisa dimulai sejak dini, namun memulai penggunaan produk perawatan kulit (skincare) tidak boleh dilakukan sembarangan.  Ada aturan batasan usia yang sebaiknya diperhatikan.

Dilansir dari Popsugar, Sabtu (6/1/2024), batas usia yang dinilai aman untuk mulai menggunakan produk skincare adalah 10-14 tahun. 

Baca juga: Dari Umur Berapa Boleh Pakai Skincare?

“Di usia ini, anak-anak mulai memahami pentingnya kebersihan dan perawatan pribadi sehingga cenderung sudah punya pemahaman untuk memperhatikan penampilan mereka sendiri,” terang dokter spesialis kulit bersertifikat dari Alabama, Amerika Serikat, Corey L. Hartman, MD, FAAD.

Meskipun usia tersebut merupakan usia yang disarankan untuk memulai rutinitas perawatan kulit, pengenalan produk skincare disarankan dimulai secara bertahap. 

Menurut founder merek perawatan diri untuk anak dan remaja Tikitoro, Prasanna Vasanadu, pengenalan produk skincare secara bertahap bisa dilakukan menurut usia.

“Daripada memperkenalkan semuanya (produk skincare) sekaligus, tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk secara bertahap dalam jangka waktu tertentu berdasarkan usia mereka,” ujar Vasanadu, dilansir dari Hindustan Times, Sabtu (6/1/2024). 

Berikut beberapa produk skincare yang sesuai dengan usia menurut Vasanadu. Bila perlu, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Baca juga:

Produk skincare menurut jenjang usia

2-6 Tahun

Pada usia ini, secara garis besar anak tumbuh dengan pesat mulai dari belajar berjalan hingga mandi dan berpakaian sendiri. Anak pun mulai belajar menjadi lebih mandiri pada usia ini. 

Maka dari itu, Vasanadu pun menyarankan agar orangtua perlu mulai mengarahkan anak untuk sadar kebersihan diri. 

Produk yang bisa mulai dikenalkan pada anak usia ini adalah produk-produk sederhana, seperti sabun mandi, sampo, dan losion.

Baca juga: Tak Hanya Wanita, Pria Juga Perlu Skincare

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com