Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2023, 18:54 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Sunscreen adalah produk andalan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan efek buruknya.

Anjuran ini tidak berlaku untuk orang dewasa saja tapi juga anak-anak dan bayi.

Dokter kecantikan sekaligus content creator, Dr.Richard Lee,MARS,AAAM mengatakan, anak-anak sebaiknya mulai memakai sunscreen sejak usia enam bulan.

Hal ini sesuai dengan anjuran IAAP (American Academy of Pediatrics), IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), dan AAD (American Academy of Dermatology).

Baca juga: Ribuan Tahun Lalu Manusia Kuno Sudah Pakai Sunscreen

Orangtua juga perlu memilih jenis tabir surya dengan cermat karena anak sebaiknya hanya diberikan produk physical sunscreen.

"Mulai dari usia enam bulan wajib menggunakan sunscreen dan harus physical sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan, maupun saat cuaca mendung," terang dr. Richard, dikutip dari keterangan pers yang diterima Kompas.com, kemarin.

Radiasi sinar UV juga bisa masuk ke ruangan melalui celah pintu atau jendela sehingga sunscreen sebaiknya dipakai setiap hari meskipun anak tidak beraktivitas di luar rumah.

Dr. Richard menguraikan, bahaya paparan sinar ultraviolet yang berlebih dapat memicu dampak yang buruk bagi kesehatan kulit anak termasuk terbakar dan kerusakan.

"Selain itu, paparan sinar ultraviolet yang berlebih juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker," jelasnya.

Baca juga: Apakah Sunscreen Aman untuk Ibu Hamil?

Sesuai anjuran IDAI, anak usia enam bulan bisa mulai diperkenalkan dengan physical sunscreen yang bekerja memantulkan sinar UV.

Gunakan produk yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide dengan SPF 30 atau lebih, dan berlabel broad spectrum serta waterproof.

Aplikasikan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum bepergian, dan berenang pada wajah, punggung tangan dan kaki, ujung telinga dan belakang leher.

Baca juga: Agar Tak Tertipu Klaim SPF Palsu dalam Tabir Surya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Healthy baby care???? (@moell.id)

Merespon kebutuhan ini, Moell, brand skincare khusus bayi lokal, merilis produk terbarunya berupa physical sunscreen khusus untuk anak, You Are My Sunshine Sunscreen.

Uung Victoria Finky, influencer parenting sekaligus founder Moell, mengklaim produk terbaru ini sudah 100 persen physical sunscreen, broad-spectrum dan SPF 50 PA ++++.

"Untuk develop produk ini membutuhkan waktu yang sangat lama demi terciptalah produk yang sangat bagus kandungan dan manfaatnya," ujarnya.

Dijual dengan harga Rp 65.000 untuk ukuran 30 gram, yang bisa dijadikan pilihan produk perawatan kulit anak.

Baca juga: Selain di Wajah, Perlukah Pakai Sunscreen di Bibir?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com