Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2024, 14:20 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tubuh rentan mengalami dehidrasi saat cuaca panas. Terlebih, sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi mengalami cuaca panas yang berlangsung sejak Mei hingga Agustus 2024 mendatang. 

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan lantaran jumlah cairan yang keluar lebih banyak dibandingkan cairan yang masuk. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas.

Baca juga: Cuaca Panas, Ketahui Gejala Dehidrasi yang Perlu Diwaspadai 

Lantas, apa saja cara mencegah dehidrasi? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir Kompas.com dari Cleveland Clinic dan Healthline. 

Ilustrasi cara mencegah dehidrasi saat cuaca panasdok. Shutterstock/PattyPhoto Ilustrasi cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas

Cara mencegah dehidrasi

1. Jaga kecukupan cairan tubuh 

Langkah mencegah dehidrasi yang paling utama adalah memastikan bahwa tubuh tetap terhidrasi. Caranya adalah dengan memastikan kecukupan cairan tubuh.

Rata-rata kebutuhan air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik adalah 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki. Selain itu, minumlah air putih secara berkala, jangan sampai haus.

Jika bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, maka tambah konsumsi air putih. Sebaliknya, minumlah air sebelum mulai beraktivitas dan sebelum merasa haus.

2. Kenali gejala dehidrasi 

Kamu juga perlu mengetahui beberapa gejala dehidrasi guna mencegahnya. 

Melansir situs Kementerian Kesehatan, gejala dehidrasi yang paling umum dirasakan oleh orang dewasa antara lain, pusing, kelelahan atau kurang energi, intensitas buang air kecil makin jarang, dan kering pada area mulut, bibir, dan mata.

Dengan mengetahui gejala dehidrasi tersebut, kita dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap kebutuhan cairan tubuh.

Sebagai catatan, dehidrasi tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, namun juga oleh bayi, anak-anak hingga orang tua dengan gejala yang berbeda-beda. 

Baca juga: Cuaca Panas, 5 Minuman Berikut Bisa Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

3. Cek warna urin 

Kamu bisa mengecek kondisi hidrasi tubuh melalui warna urin. Urin yang berwarna kuning gelap bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi ringan.

Sementara, warna urin yang sehat adalah bening dan kuning pucat. Jadi, pastikan kamu mengecek warna urin secara berkala untuk mencegah dehidrasi. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com