Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2023, 16:24 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penderita eksim perlu memerhatikan cara merawat kulitnya untuk membantu mengurangi gejala, terlebih saat cuaca panas.

Meski sinar matahari dapat memberikan manfaat bagi kulit eksim, namun paparan yang berlebihan dalam waktu lama bisa membuat kondisi kulit semakin memburuk.

Seperti menimbulkan masalah kulit terbakar atau sunburn yang bisa memicu sensasi nyeri dan perih, kemudian peradangan, iritasi hingga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Baca juga: Punya Penyakit Kulit Eksim? Ini Cara Mudah Merawatnya di Rumah 

Cara merawat kulit eksim saat cuaca panas

Penderita eksim penting untuk menjaga kulit agar tetap terlindungi dari sinar matahari, terutama di jam-jam puncak dengan tingkat ultraviolet yang tinggi.

Berikut beberapa cara tepat merawat kulit eksim yang perlu dipahami.

1. Sunscreen untuk kulit eksim

Penderita kulit eksim sebaiknya memerhatikan penggunaan sunscreen yang tepat untuk mencegah kulit terasa perih dan muncul ruam.

Mengutip laman Eczema Company, jenis chemical suncreen dengan kandungan zinc atau seng oksida non-nano dapat menjadi pilihan tepat.

Kandungan zinc pada tabir surya itu dapat bertindak sebagai pelindung kulit sekaligus mengurangi ruam dan mencegah peradangan.

Kemudian selain jenis sunscreennya, spektrum SPF juga disarankan minimal SPF 30 atau lebih agar memberikan proteksi yang optimal. 

2. Tips berpakaian

Menggunakan tabir surya saja belum cukup melindungi kulit eksim saat cuaca panas.

Kita juga perlu melindungi kulit dengan pakaian tertutup untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung atau dengan aksesori tambahan seperti topi hingga payung saat beraktivitas di siang hari.

Bila perlu, coba beli pakaian yang dirancang dan memiliki teknologi anti-ultraviolet. Saat ini di berbagai toko online sudah banyak tersedia pakaian yang menawarkan perindungan itu.

Pakaian dengan proteksi sinar ultraviolet dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari dalam waktu yang lebih lama.

Di samping itu, biasanya pakaian itu juga dirancang dengan material yang menyerap keringat untuk mencegah kulit menjadi lembap.

Baca juga: Berapa Lama Waktu untuk Menyembuhkan Eksim? Berikut Penjelasannya... 

Ilustrasi eksim kumat. Dok. ERHA Ilustrasi eksim kumat.

3. Hindari aktivitas saat uv indeks tinggi

Menghindari beraktivitas di siang hari antara pukul 11:00 dan 15:00 dapat menjadi solusi perlindungan kulit eksim selanjutnya. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com