Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Produk Skincare yang Cocok untuk Anak Sesuai Usianya

KOMPAS.com - Rutinitas perawatan kulit bisa dimulai sejak dini, namun memulai penggunaan produk perawatan kulit (skincare) tidak boleh dilakukan sembarangan.  Ada aturan batasan usia yang sebaiknya diperhatikan.

Dilansir dari Popsugar, Sabtu (6/1/2024), batas usia yang dinilai aman untuk mulai menggunakan produk skincare adalah 10-14 tahun. 

“Di usia ini, anak-anak mulai memahami pentingnya kebersihan dan perawatan pribadi sehingga cenderung sudah punya pemahaman untuk memperhatikan penampilan mereka sendiri,” terang dokter spesialis kulit bersertifikat dari Alabama, Amerika Serikat, Corey L. Hartman, MD, FAAD.

Meskipun usia tersebut merupakan usia yang disarankan untuk memulai rutinitas perawatan kulit, pengenalan produk skincare disarankan dimulai secara bertahap. 

Menurut founder merek perawatan diri untuk anak dan remaja Tikitoro, Prasanna Vasanadu, pengenalan produk skincare secara bertahap bisa dilakukan menurut usia.

“Daripada memperkenalkan semuanya (produk skincare) sekaligus, tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk secara bertahap dalam jangka waktu tertentu berdasarkan usia mereka,” ujar Vasanadu, dilansir dari Hindustan Times, Sabtu (6/1/2024). 

Berikut beberapa produk skincare yang sesuai dengan usia menurut Vasanadu. Bila perlu, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Maka dari itu, Vasanadu pun menyarankan agar orangtua perlu mulai mengarahkan anak untuk sadar kebersihan diri. 

Produk yang bisa mulai dikenalkan pada anak usia ini adalah produk-produk sederhana, seperti sabun mandi, sampo, dan losion.

Seiring bertambahnya usia, anak menjadi lebih mandiri karena rutinitasnya adalah bersekolah. Anak mulai memahami bahwa mereka dapat membuat keputusan sendiri. 

Ini adalah rentang usia ideal untuk mulai menerapkan praktik perawatan kulit yang benar. 

Penting bagi mereka untuk mulai menggunakan sunscreen atau tabir surya sepanjang hari guna melindungi kulit mereka dari dampak buruk sinar ultraviolet. Apalagi jika mereka sering menghabiskan waktu di luar rumah.

Selain itu, bisa juga untuk mulai dikenalkan dengan produk pembersih wajah yang menghidrasi, atau pembersih wajah yang ringan, seperti sabun cuci muka. 

Dalam rentang usia ini, yakni ketika anak sudah beranjak remaja, disarankan untuk mulai rutinitas perawatan kulit pada pagi dan sore hari. 

Rentang usia ini juga jadi periode yang baik untuk mulai menggunakan produk eksfolian ringan ke kulit dan wajah, kira-kira sekali seminggu pada malam hari. Eksfolian membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Pada usia ini pula disarankan untuk menggunakan toner pelembap, terutama setelah menggunakan eksfolian. Hal ini guna mengembalikan pH kulit menjadi normal kembali. 

Lalu, untuk memastikan kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi, akhiri rutinitas penggunaan produk skincare dengan krim atau pelembap yang bersifat menenangkan kulit. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/06/131000920/contoh-produk-skincare-yang-cocok-untuk-anak-sesuai-usianya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke