Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Dulu, Primer atau Sunscreen Sebelum Makeup?

Kompas.com - 05/01/2024, 12:34 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum mengaplikasikan makeup (riasan wajah), ada sejumlah langkah yang harus diperhatikan guna menyiapkan kulit (skin preparation). Tujuannya agar makeup lebih tahan lama, sekaligus terlindungi dari paparan sinar ultraviolet.

Ada beragam produk yang biasanya dipakai sebelum makeup, antara lain primer dan sunscreen (tabir surya). 

Baca juga: 4 Langkah Makeup Flawless ala Huda Beauty

"Primer penting untuk memastikan bahwa makeup bertahan sepanjang hari, sekaligus membuat wajah terlihat segar," tutur penata rias sekaligus Global Pro Artist dari merek kosmetik Bobbi Brown, Amy Conway, dikutip dari Good Housekeeping, Jumat (5/1/2024). 

Sementara itu, sunscreen berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, salah satunya penuaan dini.

Lantas, bagaimana urutan pemakaian primer dan sunscreen sebelum memakai makeup?

Baca juga:

Sunscreen jadi tahapan terakhir perawatan wajah

Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Ini 5 Kesalahan Penggunaan Tabir SuryaFREEPIK/GPOINTSTUDIO Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Ini 5 Kesalahan Penggunaan Tabir Surya

Dilansir dari The New York Times, pengaplikasian sunscreen merupakan langkah terakhir dari rutinitas perawatan wajah pada pagi hari. Tepatnya sebelum memakai makeup. 

Umumnya terdapat dua jenis sunscreen yaitu chemical sunscreen dan physical (mineral) sunscreen. Chemical sunscreen mengandung filter yang bisa masuk ke kulit dan menyerap sinar ultraviolet, sedangkan physical sunscreen berada di atas kulit dan menyebarkan sinar ultraviolet.

Dengan demikian, sunscreen akan lebih efektif jika diaplikasikan langsung ke kulit bersih.

Berikan waktu sedikitnya dua menit agar sunscreen terserap ke kulit dengan baik, dan hindari menyentuh wajah selama periode tersebut. 

Baca juga: Kapan Anak Mulai Dibiasakan Pakai Sunscreen?

Kemudian, aplikasikan primer sebelum lanjut ke makeup. Pengaplikasian primer bisa ke seluruh wajah atau tergantung kebutuhan, misalnya fokus ke area yang pori-porinya besar. 

Menurut penata rias Liz Pugh, primer sifatnya opsional. Terkadang ada jenis kulit yang cukup dengan pemakaian pembersih dan pelembap (moisturizer), dikutip dari Cosmopolitan.

"Saya menggunakan primer untuk memperbaiki masalah, misalnya mengisi pori-pori atau mengontrol minyak, atau koreksi warna seperti primer hijau untuk kemerahan," ucap Pugh.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com